oleh

Ini 8 Fitur Pesaing yang Bisa Dicontoh WhatsApp

PortalMadura.Com – Aplikasi messaging yang saat ini paling populer dan digunakan lebih dari 2 miliar pengguna yaitu WhatsApp. Banyak kenyamanan dan kemudahan yang dirasakan penggunanya karena beberapa fitur yang terdapat di aplikasi ini.

Namun ternyata, masih ada fitur menarik lainnya yang masih belum ada di WhatsApp tapi sudah tersedia beberapa aplikasi pesaingnya. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com yang dikutip dari Android Authority, berikut beberapa fitur pesaing yang belum ada di aplikasi WhatsApp.

Masukkan Beberapa Nomor Sekaligus (Telegram)

Salah satu kekurangan WhatsApp yaitu pengguna tidak bisa mendaftarkan beberapa nomor sekaligus dalam satu aplikasi. Ini bisa diakali dengan menggunakan fitur dual apps meskipun agak kurang nyaman.

Telegram yang merupakan salah satu pesaing utama WhatsApp telah memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan tiga akun sekaligus dalam satu aplikasi. Jika diperkenalkan secara resmi di WhatsApp, fitur ini tentu akan membantu pengguna yang memiliki banyak nomor untuk urusan berbeda, misalnya nomor pribadi dan nomor bisnis.

Note to Self (Signal)

Signal memiliki fitur bernama Note to Self yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan ke dirinya sendiri untuk membuat catatan, menyimpan URL dan lain-lain.

Pengguna WhatsApp sebenarnya bisa meniru fitur ini dengan membuat grup dengan orang lain lalu menendang mereka agar kalian menjadi satu-satunya anggota. Tapi cara ini tentu lebih rumit dibandingkan dukungan langsung dari WhatsApp.

Polls (Telegram)

Salah satu fitur yang cukup minor tapi membantu di Telegram yaitu Polls untuk grup dan channel. Fitur ini bisa digunakan untuk membuat kuis, jawaban pilihan ganda dan lain-lain.

Jika fitur seperti ini ada di WhatsApp, pengguna di grup tentu akan lebih mudah menentukan pilihan, misalnya ingin makan di di mana. Semoga saja fitur ini segera dikenalkan di WhatsApp.

Blur Wajah (Signal)

Signal merupakan aplikasi messaging yang mengedepankan privasi dan bisa dilihat dari fitur blur wajah yang bisa menyembunyikan wajah sebelum mengirimkan foto. Fitur ini bisa diaktifkan dengan mengetuk ikon blur di samping ikon pena, lalu aktifkan toggle ‘blur faces’ dan gambar di mana saja untuk menyembunyikan wajah.

Fitur ini akan sangat berguna di WhatsApp karena memungkinkan pengguna untuk berbagi foto tanpa mengganggu privasi orang lain yang ada di foto tersebut.

Reaksi Pesan (Signal, Telegram)

Reaksi pesan saat ini sudah tersedia di banyak aplikasi messaging, seperti Signal, Telegram, Discord dan Slack. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi cepat ke pesan yang diterima menggunakan emoji.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu mengirimkan pesan terpisah jika hanya ingin membalas dengan emoji. Karena sudah tersedia di banyak aplikasi, wajar jika WhatsApp ikut menghadirkan fitur ini di platform-nya.

Send Without Sound (Telegram)

Telegram memiliki fitur ‘Send without Sound’ yang akan mengirimkan pesan tanpa membuat ponsel penerima bergetar atau berbunyi. Jika hadir di WhatsApp, fitur ini akan sangat berguna untuk pengguna yang tidak ingin mengganggu temannya yang sedang sibuk dan tidak membutuhkan respons kilat.

Pesan Terjadwal (Telegram)

Fitur pesan terjadwal memungkinkan pengguna Telegram untuk mengirimkan pesan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Fitur ini telah ada sejak tahun lalu di Telegram tapi belum kunjung hadir di WhatsApp meski telah sering diminta.

Pengguna WhatsApp sebenarnya bisa mengaktifkan fitur ini tapi lewat aplikasi pihak ketiga. Tentu lebih enak dan nyaman jika fitur ini tersedia langsung di aplikasi karena bisa berguna untuk mengirimkan pengingat, atau mengirimkan ucapan selamat ulang tahun.

Verifikasi Kamera (Kik)

Aplikasi messaging Kik memiliki fitur unik bernama verifikasi kamera. Fitur ini akan menambahkan tag ‘camera’ untuk foto yang diambil menggunakan kamera aplikasi, untuk membedakannya dengan foto lawas yang dilampirkan dari ponsel.

Jika fitur ini dikenalkan di WhatsApp, maka bisa membantu mencegah penyebaran misinformasi dan hoax karena sumber dari foto bisa langsung ketahuan.

Nah itu dia sederet fitur berguna yang bisa ditiru WhatsApp dari aplikasi lain. Fitur baru apa lagi yang Anda ingin lihat di WhatsApp?

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com