Ini 8 Kisah Jembatan di Indonesia yang Terkenal Angker

Avatar of PortalMadura.com
Ini 8 Kisah Jembatan di Indonesia yang Terkenal Angker
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masyarakat Indonesia tidak sedikit yang percaya bahwa mereka hidup berdampingan dengan makhluk halus atau tidak kasat mata di muka bumi ini. Makhluk tidak kasat mata itu disebut kerap mendiami satu tempat yang dianggap angker oleh warga sekitar.

Tidak cuma di rumah, gedung, atau pepohonan saja, ternyata ada makhluk astral yang menjadi ‘penunggu’ jembatan. Anda penasaran?.

Berikut ini delapan jempatan di Indonesia yang terkenal angker:

Jembatan Suramadu
Pertama kali diresmikan pada tahun 2009 oleh presiden RI kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono, jembatan Suramadu bisa dibilang jembatan yang masih muda. Belum juga ada 10 tahun ia berdiri. Namun untuk urusan cerita horor, di sini sudah sering terjadi.

Ada cerita soal pembangunan jembatan yang kala itu meminta tumbal nyawa manusia. Beberapa orang meninggal selama proses pembangunannya dan dikaitkan dengan tumbal untuk ‘penjaga’ daerah sana. Demikian dengan sosok Sundel Bolong yang selalu terlihat sebelum terjadi kecelakaan di jembatan ini.

Jembatan Ancol
Cerita sosok si Manis Jembatan Ancol tentu sudah melegenda sampai kemana-mana. Bahkan sampai dibikin sinetron segala. Sosok si manis penunggu jembatan Ancol ini dipercaya sebagai seorang gadis bernama Mariyam. Ia menjadi penunggu jembatan setelah diperkosa dan dibunuh di sana.

Penampakan pertamanya terjadi pada tahun 60-an, ketika ada seorang lelaki mengaku bertemu sesosok gadis cantik berbaju putih, yang kemudian menghilang secara tiba-tiba setelah diantar sampai ke seberang sungai.

Jembatan Musi II Palembang
Sosok hantu di jembatan itu disebut “Noni” oleh warga sekitar. Ya, karena ia adalah sosok gadis Belanda bernama Elisse Edwind Rikkar van Eindhoven yang meninggal karena diperkosa dan dibunuh di sana. Karena itu ia ingin menuntut balas pada setiap lelaki hidung belang yang lewat.

Rambutnya pirang, berperawakan menggoda dan memiliki paras manis. Lengkap sudah senjata untuk menggoda pria. Saat Anda melewati jembatan ini, jangan sampai tergoda ketika Anda melihat sosok gadis cantik berbaju merah sendirian di sana. Utamanya pada malam Jumat Kliwon dan malam Selasa Pon. Jika sampai tergoda, bisa-bisa Anda diseret dan ditenggelamkan di sungai. Banyak orang yang sudah menjadi korbannya.

Jembatan Comal di Pemalang
Jembatan yang satu ini memang terkenal angker. Mulai dari penampakan siluman ular putih berkepala manusia yang panjangnya melebihi lebar sungai hingga mitos mengenai makam dan kerajaan gaib di jembatan ini juga ada. Anda yang melintasi jembatan ini harap hati-hati saat terdengar suara tangisan anak kecil. Konon, penduduk sekitar percaya bahwa tidak lama setelah terdengar tangisan tersebut, pasti akan ada kecelakaan beruntun yang menelan korban jiwa.

Jembatan Eretan, Indramayu
Anda yang hendak melewati jembatan Eretan ini wajib berhati-hati, terutama saat malam hari. Banyak orang-orang yang diisengi saat melewati jembatan ini. Sering ada sesosok hantu yang berdiri di dekat jembatan ini, meminta untuk diantarkan pulang.

Meski niat Anda baik, jangan lupa berdoa kepada Tuhan sebelum mengiyakan permintaan sosok tersebut. Kalau tidak, Anda pasti ketakutan saat Anda tersadar dan berada di tengah kuburan dan penumpang tersebut hilang entah ke mana. Makanya, jangan lupa berdoa sebelum kemana-mana, ya!

Baca Juga: Cerita Mistis Sosok Si Manis Jembatan Ancol

Jembatan Sewo, Perbatasan Subang-Indramayu
Jangan kaget ketika Anda melihat banyak orang berjejer di sekitaran jembatan memegang sapu. Iya, mereka berjaga-jaga terhadap uang yang akan dilempar supir ke arah jembatan, sebagai biaya sewa agar aman saat melintas. Itulah kenapa jembatan ini disebut jembatan Sewo.

Di antara sekian banyak orang yang berjejer tersebut, pasti ada satu yang bukan warga sekitar dan ia diyakini adalah sosok kiriman penunggu jembatan. Awal cerita kenapa banyak supir melempar uang ini tidak diketahui pasti. Ada yang bilang ada hubungannya dengan kisah Ronggeng Saedah-Saeni, ada juga yang melempar uang itu sebagai bentuk izin lewat kepada ‘penunggu’ jembatan. Yang benar yang mana ya kira-kira?.

Jembatan Jiwan Magetan
Anda yang melewati jembatan Jiwan ini harus barhati-hati. Jika ada sosok perempuan cantik yang mendekat, usahakan untuk tidak tergoda olehnya. Hantu perempuan itu dipercaya bernama Sadikem, sosok gadis cantik yang meninggal ditelan sungai Bakung. Arwahnya yang penasaran kerap duduk-duduk di ujung jembatan, menanti suaminya datang menjemput.
Pada tahun 2012, bahkan ada insiden kecelakaan beruntun di sekitar jembatan Jiwan yang dikaitkan dengan hantu Sadikem ini.

Jembatan Merah Surabaya
Kota pahlawan Surabaya juga menyimpan cerita soal hantu. Ya, kalau soal jembatan, selain Suramadu ada jembatan merah yang juga kerap menjadi spot penampakan hantu. Saat melintas jembatan ini, bau anyir kerap tercium entah dari mana sumbernya. Banyak pengendara yang lewat di situ mengaku bahwa mereka juga mendengar suara minta tolong, dan penampakan sosok yang kehilangan sebagian anggota tubuhnya. Kalau ditilik kembali, dulu jembatan merah ini adalah medan perang antara Belanda melawan pribumi. Jadi, wajar kalau seram.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.