oleh

Ini 9 Amalan Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Salat Jumat

PortalMadura.Com – Jumat marupakan salah satu nama hari yang sangat istimewa bagi umat Islam. Mengapa demikian? Karena diyakini kiamat akan terjadi pada hari Jumat. Selain itu, adanya ibadah salat Jumat berjamaah di masjid yang biasa dilakukan oleh kaum laki-laki.

Nah, dalam ibadah wajib salat Jumat pun ada amalan-amalan sunah yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Berikut penjelasannya:

Mandi
“Siapa yang mandi pada hari jumat dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jumat dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan salat sunah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai salat jumat maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jumat itu dan jumat sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).

Memotong Kuku dan Kumis
“Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jumat sebelum beliau pergi salat jumat. (HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).

Memakai Pakaian yang Rapi dan Bersih (warna putih lebih utama)

Loading...

Memakai Wangi-wangian

Berdoa Ketika Keluar Rumah

Segera Menuju ke Masjid dengan Berjalan Kaki Perlahan-lahan dan Tidak Banyak Bicara

Ketika Masuk Masjid Melangkah dengan Kaki Kanan dan Membaca Doa

Melaksanakan Salat Sunah Tahiyyatul Masjid
“Apabila seseorang masuk masjid maka hendaklah dia mengerjakan salat dua rakaat sebelum ia duduk.” (HR. Abu Daud dari Abu Qatadah).

I’tikaf
Sambil membaca Al-Qur’an, berdzikir dan bersholawat jika khatib belum naik ke mimbar. Jika khatib sudah naik ke mimbar maka hendaklah menghentikan zikir atau bacaan Al-Qur’an untuk mendengarkan khutbah.
Setelah salat jumat selesai dikerjakan disunahkan berdzikir dan mengerjakan sholat sunah ba’diyah jum’at baik di masjid atau pun di rumah.

“Adalah Nabi SAW mengerjakan salat sesudah salat jum’at dua rakaat di rumahnya.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah). (islampos.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar