Ini 9 Keutamaan Salat Duha Jika Dilakukan Setiap Hari

Avatar of PortalMadura.com
Ini 9 Keutamaan Salat Duha Jika Dilakukan Setiap Hari
Ilustrasi (Hipwee)

PortalMadura.Com – Salah satu salat sunah yang dianjurkan Rasulullah yaitu . Hal ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah, “Kekasihku Rasulullah mewasiatkan kepadaku dengan tiga perkara. Pertama, puasa tiga hari dari setiap bulan, kedua, dua rakaat salat Duha, dan ketiga, agar aku salat witir sebelum tidur.”

Selain itu, ada beberapa keutamaan dari salat duha yang begitu besar. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut beberapa .

Dibuatkan Istana di Surga

Nabi Muhammad SAW dalam hadis riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah bersabda mengenai keutamaan salat duha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakan akan diberikan Allah SWT istana di surga.

Barang siapa salat Duha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.”

Diampuni Dosanya

Allah SWT akan mengampuni umat-Nya yang mengerjakan salat Duha di pagi harinya. Hal itu sesuai dalam hadis Rasulullah dalam riwayat Tirmidzi,

“Siapapun yang melaksanakan salat Duha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.”

Mencegah Penyakit

Dikutip dari buku ‘Berkah Salat Duha' karya M Khalilurrahman Al Mahfani, seorang profesor medis Dr Ha Ali Saboe dan Prof Dr Vanshreber mengatakan bahwa setiap gerakan salat memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh yang tidak terhingga.

Ia melihat bahwa gerakan salat dapat mengurangi, dan bahkan dapat mencegah penyakit jantung. “Setiap penyimpangan dari gerakan salat akan mengubah fungsi dan manfaat yang ada, dan dalam syariat, hal itu tidak dibenarkan.” tulis dia.

Manfaat Sholat Dhuha untuk Rezeki

Dalam hadis riwayat Turmudzi, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya Allahberfirman: ‘Wahai anak Adam, salat lah untuk-Ku empat rakaat pada permulaan siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhannmu pada sore harinya.”

Waktu Terbaik untuk Berdoa

Anas bin Malik Radhianllahu anhu berkata, saya melihat Rasulullah SAW pada waktu berpergian, melakukan salat Duha sebanyak delapan rakaat.

Setelah selesai beliau bersabda: “Sesungguhnya saya salat penuh dengan harapan dan kecemasan. Saya memohonkan kepada Allah tiga hal, lalu dikabulkannya dua dan ditolak yang satunya. Saya mohon supaya umatku jangan diuji dengan musim paceklik dan ini dikabulkan, saya memohon pula agar umatku tidak dapat dikalahkan oleh musuhnya dan ini pun dikabulkan, lalu saya mohon agar umatku jangan sampai terpecah belah menjadi beberapa golongan dan ini ditolak-Nya.” (HR Ahmad, An Nasa'i, Al Hakim, dan Ibnu Khuzaimah. Oleh keduanya, hadis ini disahihkan.)

Dapat Pahala Setara Umrah

Dikutip dari buku ‘Rahasia Kedahsyatan Salat Sunah Setahun Penuh' oleh Ust M Kamaluddin S.Pd, IMM, berdasarkan Shahih al-Jami': 6346 “Barangsiapa yang mengerjakan salat fajar (Subuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia sholat dua rakaat (Duha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.

Sedekah untuk Seluruh Tubuh

Dalam hadis riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu Daud, dari Abu Dzar Al Ghiffari menyebutkan, salat Duha merupakan ganti dari sedekah seluruh ruas tubuh

“Hendaklah masing-masing darimu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya, maka tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, tiap kali bacaan tahmid adalah sedekah, tiap kali bacaan tahlil adalah sedekah, tiap kali bacaan takbir adalah sedekah, dan menyuruh kepada yang makruf adalah sedekah, dan mencegah yang mungkar adalah sedekah, dan sebagai ganti itu semua itu cukup lah melakukan dua rakaat salat duha.”

Mendapat Keuntungan yang Besar

Dari Abdullah bin ‘A,r bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata Rasulullah SAW mengirim sebuah pasukan perang, Nabi Muhammad berkata: “Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepat lah kembali! Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).”

Lalu Rasulullah SAW berkata: “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah (keuntungan)nya dan cepat kembalinya? Mereka menjawab ‘Ya!'. Rasul berkata lagi ‘Barangsiapa yang berwudu, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan salat Duha, di lah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” (shahih Al Targhib)

Salatnya Orang yang Kembali Taat

Keutamaan dan manfaat salat Dhuha yang terakhir yaitu menjadi salatnya orang orang yang kembali taat. Dalam hadis riwayat Ibnu Khuzaimah, “Tidak lah menjaga salat sunah Duha melainkan awwab (orang yang kembali taat).”

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.