Ini 9 Makanan yang Bisa Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Ini 9 Makanan yang Bisa Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat seseorang sering merasa lemah, mudah lelah, dan mudah terkena infeksi, hal itu menandakan bahwa sistem kekebalan tubuhnya menurun. Sebab, memperkuat sistem ini sangat penting guna melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan penyakit menular lainnya.

Nah, untuk memperkuat dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga pola hidup sehat, pola tidur, dan menghindari stres.

Selain itu, juga bisa menjadi salah satu cara memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apa yang masuk ke dalam tubuh Anda menentukan apakah Anda kebal terhadap virus atau bakteri penyebab penyakit atau tidak.

Berikut sembilan makanan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh:

Air Mineral
Menjaga tubuh agar terhidrasi sangatlah penting. Hal ini menjadi salah satu cara membuang racun dan bakteri jahat yang ada di tubuh. Selain itu, minum air mineral juga dapat memperlancar saluran pernapasan.
Maka dari itu, dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral 10 hingga 12 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bawang Putih
Selain menjadi penyedap rasa, bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki khasiat antibakteri dan antivirus yang baik bagi tubuh. Hal ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung antioksidan, fosfor, potasium, seng, dan kalsium. Hal ini pun dapat membantu memperkuat sistem pernapasan dan turut menambah jumlah sel darah putih dalam darah Anda.

Jeruk
Memiliki kadar vitamin C yang tinggi membuat buah ini dianggap sebagai makanan penjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lainnya.

Selain vitamin C, kandungan yang terdapat pada buah jeruk yaitu serat, kalium, magnesium, dan kalsium. Hal tersebut merupakan nutrisi penting guna memperkuat tulang, otot, dan membantu mengelola sistem saraf.
Oleh sebab itu, Anda bisa mengonsumsi buah ini agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga dengan baik.

Madu
Manis dan sedapnya madu ternyata tidak hanya terbatas pada rasa saja. Khasiat yang dihasilkan oleh madu pun banyak dan baik bagi tubuh. Madu mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan batuk, menjaga agar tenggorokan tidak kering, dan menyingkirkan dahak.

Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bawang Bombay
Kandungan vitamin, garam mineral, magnesium, belerang, sodium dan zat besi yang terdapat pada salah satu anggota keluarga bawang ini dapat mengatasi berbagai macam permasalahan dalam tubuh. Bawang putih dipercaya dapat membantu mencegah munculnya diabetes, penyakit jantung, dan masalah pencernaan. Oleh sebab itu, bawang bombay menjadi salah satu solusi alami dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Buah-buahan Berwarna Merah dan Sayuran
Warna buah dan sayuran menjadi penanda kandungan apa yang terdapat di dalamnya. Buah-buahan dan sayuran berwarna merah dipercaya mengandung karoten dan vitamin A. Hal ini sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh.

Buah-buahan dan sayuran seperti stroberi, ceri, semangka, apel merah, bit, tomat dan paprika bersifat antioksidan, yang itu berarti dengan mengonsumsi buah dan sayuran tersebut, racun dalam tubuh Anda dapat hilang, dan tubuh Anda menjadi kebal terhadap beragam penyakit.

Jamur
Jamur yang dapat dikonsumsi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tanaman yang satu ini bersifat antimikroba dan antiviral, serta mengandung potassium. Oleh sebab itu, jamur dapat mengelola cairan tubuh, membantu menyeimbangkan tekanan darah, mempercepat metabolisme dan tentunya menjaga sistem kekebalan tubuh.

Makanan Mengandung Vitamin E
Brokoli, kacang almond, bayam, alpukat, kedelai, dan sebagainya, merupakan makanan-makanan yang mengadung vitamin E. Kandungan vitamin E dalam makanan tersebut bersifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Makanan Mengandung Zat Besi
Zat besi yang terdapat pada makanan berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Zat besi dipercaya mampu mencegah anemia dan dapat memberi suplai energi pada tubuh Anda. Makanan yang memiliki kandungan zat besi, yaitu daging merah, ikan laut, sayuran hijau, dan ayam. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.