oleh

Ini Alasan Dilarang Mandi Setelah Makan

PortalMadura.Com – Mandi merupakan aktivitas rutin yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Bahkan bisa dikatakan, mandi tidak bisa dilewatkan oleh seseorang dalam kesehariannya. Karena dengan melakukannya, tubuh akan terasa lebih sehat dan segar.

Berbicara tentang mandi, ketika diburu waktu karena suatu urusan tertentu, tidak sedikit orang yang langsung mandi setelah makan. Tapi tahukah Anda, banyak orang yang bilang jika tidak boleh langsung mandi usai makan. Kenapa bisa demikian?.

Ternyata, baik ayurveda maupun sains memiliki alasan khusus di balik hal ini. Pasalnya, mandi setelah makan disebut bisa menunda pencernaan, karena darah di sekitar perut mulai mengalir ke bagian tubuh lainnya.

Menurut Ayurveda, seperti dilansir Suara.com yang dikutip dari timesofindia, suhu panas dalam tubuh akan diaktifkan saat Anda makan untuk membantu proses pencernaan. Namun, jika Anda segera mandi setelahnya, suhu tubuh akan turun dan proses pencernaan akan melambat.

Sementara berdasarkan ilmu kedokteran, suhu tubuh akan turun setelah mandi. Karena tubuh dingin, ia harus bekerja ekstra mempertahankan suhu standar untuk membantu pencernaan. Hal ini mengakibatkan pencernaan melambat, saat darah yang membantu pencernaan, mulai mengalir ke bagian tubuh lainnya.

Selain memperlambat pencernaan, hal ini juga menyebabkan ketidaknyamanan dan kegelisahan. Walaupun belum ada penelitian konklusif yang berfokus pada dampak mandi setelah makan, kepercayaan kuno mengatakan, seseorang harus menunggu setidaknya 2-3 jam setelah makan untuk mandi.

Baca Juga : Yang Dirasakan Warga Sumenep Gempa Susulan Lokasi Tuban

Jadi, apabila Anda berniat untuk mandi setelah makan, lebih baik berdiam diri terlebih dahulu, maksudnya menunggu beberapa jam. Idealnya, seseorang harus mandi sebelum makan karena membuat Anda lebih segar dan siap untuk menyantap makanan.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : suara.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar