Ini Alasan Rasulullah Sering Baca Doa Sapu Jagad

Avatar of PortalMadura.com
Ini Alasan Rasulullah Sering Baca Doa Sapu Jagad
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Doa menjadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh umat Muslim. Salah satu ibadah kepada Allah SWT ini sebagai bentuk pengakuan bahwa hanya pada-Nya tempat seseorang meminta sesuatu.

Sewajarnya, permohonan kepada Allah tersebut disertai dengan kerendahan hati untuk mendapatkan kebaikan atau hal-hal yang diinginkan oleh umat manusia.

Di antara beberapa doa yang biasa dipanjatkan, mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa ada doa yang mengandung makna yang luar biasa. Doa apa itu?. Dilansir PortalMadura.Com, Senin (18/11/2019) dari laman Islampos.com, doa tersebut adalah doa sapu jagad.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu” (HR. Abu Daud no. 1482).

Baca Juga:  10 Muharam 1444 H, Momentum Santuni Anak Yatim

Di antara doa ringkas, namun penuh makna adalah doa sapu jagad:

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma (Robbana) aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar”.

Selain memang karena singkat bacaannya, siapa sangka jika doa ini menjadi bacaan yang sering diucapkan Rasulullah. Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan,

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ .

Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka)” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690).

Baca Juga:  10 Muharam 1444 H, Momentum Santuni Anak Yatim

Kenapa Rasulullah sering membacanya?. Rasulullah paling sering membaca doa ini karena doanya sungguh penuh makna yaitu mencakup tiga hal:

1. Meminta kenikmatan di dunia
2. Meminta kenikmatan di akhirat
3. Agar terbebas dari api neraka

Baca Juga : Doa Melihat Langit yang Dianjurkan Rasulullah

Itulah mengapa doa sapu jagad ini sering dibaca oleh Rasulullah karena kandungan maknanya yang luar biasa. Wallahu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.