Ini Amalan yang Akan Menerangi Alam Kubur Anda Nantinya

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Amalan yang Akan Menerangi Alam Kubur Anda Nantinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menuju akhirat, tempat pertama setelah kematian adalah . Barzah adalah tempat seseorang melihat sebagian balasan dari amalnya. Jika selamat maka perjalanan selanjutnya akan lebih mudah. Dan perjalanan selanjutnya akan lebih sulit jika kesengsaraan menimpanya. Ada kalanya kubur seseorang terasa gelap karena kurangnya amal-amal baiknya dan sebab maksiat yang telah dikerjakan.

Nabi Muhammad SAW bersabda tentang kubur seorang wanita berkulit hitam yang bertugas membersihkan masjid, wanita itu meninggal, kemudian beliau menyalatkan wanita itu di atas kuburnya, “Sungguh kuburan-kuburan ini penuh dengan kegelapan atas penghuninya dan sungguh Allah‘Azza wa Jalla akan meneranginya untuk mereka dengan shalatku atas mereka,” (HR. Muslim).

Sebelum datangnya maut, kewajiban kita di dunia adalah mengusahakan amal-amal shalih yang bisa menghantarkan kepada kebahagiaan di alam barzakh, dan akhirat. Semua amal shalih secara umum menjadi sebab terangnya kubur. Di antara amal utamanya adalah sabar dan shalat. Ini masuk dalam keumuman makna firman Allah Subhanahu wa Ta'ala. Disebutkan dalam hadis shahih, “Shalat adalah cahaya, sedekah merupakan bukti nyata, sabar itu sinar, dan Al-Qur'an adalah pembelamu atau penuntutmu,” (HR. Muslim).

Sebagian ulama seperti Ibnu Taimiyah, menyebutkan bahwa haji dan umrah bisa menjadi sebab seseorang. Ini seperti disebutkan hadits yang disebutkan Ibnu Katsir, Al-Qurthubi, dan dikomentari Ibnu Taimiyah, “memiliki beberapa dalil-dalil yang menguatkan keshahihannya.”

Ikut serta dalam mengaji Al-Qur'an dan belajar ilmu syar'i bisa dijadikan sarana untuk terangnya kubur. Ini tidak lepas dari sifat Al-Qur'an sebagai cahaya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta'ala, “Dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Qur'an),” (QS. Al-Nisa': 174).

Doa shalat jenazah atas mayit juga bisa menjadi sebab diteranginya cahaya kubur seorang muslim. Ini seperti hadits riwayat Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah mendoakan Abu Salamah saat wafat, “Ya Allah, ampunilah Abu Salamah, angkatlah derajatnya bersama orang-orang yang mendapat petunjuk, berilah penggantinya bagi orang-orang yang ditinggalkan, ampunilah kami dan dia, wahai Rabb seluruh alam. Lapangkanlah kuburannya dan berilah cahaya di dalamnya.”

Itulah cara bagaimana agar kelak kuburan kita menjadi terang dan bercahaya. Sebagai ummat islam sudah seharusnya kita selalu meningkatkan keimanan kita sebagai makhluk Allah. Semoga dengan izin Allah, kuburan kita akan menjadi terang nantinya. Amin. Semoga Bermanfaat. (islampos.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.