Ini Dia 5 Cara Ampuh dan Aman Hilangkan Kumis pada Wanita

Avatar of PortalMadura.com
Ini Dia 5 Cara Ampuh dan Aman Hilangkan Kumis pada Wanita
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya dimiliki oleh kaum laki-laki. Tapi siapa sangka, ada sebagian wanita yang juga ditumbuhi bulu-bulu halus itu sehingga membuatnya merasa minder dan tidak percaya diri dalam berpenampilan.

Hal ini bisa disebabkan karena faktor keturunan atau penyakit tertentu seperti PCOS. Bagi Anda yang mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak cara menghilangkan kumis wanita yang bisa Anda coba.

Bahkan, beberapa di antaranya bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Mau coba?. Yuk simak caranya di bawah ini:

Cukuran
Cukuran adalah cara menghilangkan kumis yang paling mudah dilakukan. Sayangnya metode satu ini tidak tahan lama dibandingkan dengan cara dicabut pakai waxing. Kumis bisa saja tumbuh kembali kurang dari seminggu setelahnya sehingga Anda harus bercukur sesering mungkin.

Waxing
Waxing adalah cara menghilangkan kumis wanita yang lebih cepat dan tahan lama. Hasilnya pun terlihat lebih rapi ketimbang hanya dengan dicukur.

Jika tidak punya waktu untuk pergi ke salon, waxing di rumah bisa jadi solusi terbaik. Di pasaran sudah banyak tersedia paket perlengkapan waxing di rumah dengan harga yang terjangkau.

Kumis biasanya dapat tumbuh kembali dalam dua minggu. Namun, semakin rutin Anda waxing, folikel rambut akan melemah sehingga memperlambat produksi rambut.

Pil KB
Jika penyebab munculnya kumis atau bulu-bulu halus di tubuh Anda karena gangguan hormon, maka dokter biasanya akan meresepkan obat kontrasepsi oral (pil KB) dan obat anti-androgen.

Pil KB dapat menghambat produksi hormon androgen pada wanita. Hormon androgen adalah hormon pertumbuhan dan perkembangan organ ‘seks' pria. Nah, hormon inilah yang bisa menyebabkan wanita memiliki bulu berlebih di tubuhnya.

Meski beberapa jenis pil KB banyak dijual bebas di toko obat, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya untuk menghilangkan kumis. Jika dilakukan secara sembarangan, risiko efek samping yang muncul cenderung lebih besar.

Krim Perontok Bulu
Krim perontok bulu alias krim depilatory adalah pilihan lain untuk menghilangkan bulu di wajah. Pertumbuhan rambut setelah pakai perontok bulu cenderung lebih lamat ketimbang mencukur. Krim perontok bulu juga cenderung lebih murah ketimbang Anda waxing. Meski begitu, tetap saja Anda harus berhati-hati sebelum menggunakannya.

Sebelum pakai krim perontok rambut, lakukan tes terlebih dahulu dengan cara mengoleskan sedikit krim ke siku atau telinga bagian dalam. Jika dalam waktu beberapa jam kulit Anda merasa gatal, kemerahan, atau bengkak, jangan gunakan krim ini untuk menghilangkan kumis di wajah.

Laser
Laser adalah salah satu perawatan di klinik kecantikan yang paling populer karena dinilai efektif untuk menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh, termasuk kumis.

Laser menggunakan pancaran sinar yang kuat untuk menghancurkan akar bulu, tapi tidak mematikan folikel-folikel rambut pada kulit. Dengan begitu pertumbuhan rambut akan berhenti dan rambut pun rontok secara alami.

Sayangnya, terapi laser membutuhkan biaya yang lebih mahal dibanding cara menghilangkan kumis lainnya. Jika Anda tertarik menghilangkan kumis dengan cara ini, pastikan Anda melakukannya di klinik kecantikan terpercaya dan ditangani langsung oleh terapis yang terlatih dan berpengalaman. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.