Ini Doa Buka Puasa Sunah di Bulan Syakban

Avatar of PortalMadura.com
Ini-Doa-Buka-Puasa-Sunah-di-Bulan-Syakban
Ilustrasi (suara.com)

PortalMadura.Com – Memasuki pertengahan , umat Muslim dianjurkan untuk melakukan . Puasa seperti Senin Kamis dan Ayyamul Bidh, merupakan amalan salih yang pahalanya luar biasa besar, apalagi dilakukan pada bulan Syaban yang penuh berkah ini.

Adapun yang dinanti dan sangat ingin diketahui oleh kaum Muslimin yaitu sunah di bulan Syakban. Menurut Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur Ustadz Asroni Al Paroya mengatakan doa buka puasa umumnya sama saja.

“Sama saja kalau doa berpuasa,” katanya seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (17/3/2022) dari laman Okezone.com.

Berikut ini adalah doa berbuka puasa di bulan Syaban, baik sunah, wajib, atau qada:

Doa pertama yang dibaca yakni Bismillah yang artinya “Dengan menyebut nama Allah”. Dilanjutkan doa kedua, seperti tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Ibnu Umar Radhiallahu ‘anhu berkata:

ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله

Artinya: “Biasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam jika berbuka Beliau berdoa: Dzahabazh zhama'u wabtallatil ‘uruuqu wa tsabatal ajru insya Allah (Telah hilang rasa haus, telah basah kerongkongan, dan telah diraih pahala insya Allah).” (HR Abu Daud Nomor 2357, An Nasa'i Nomor 3315, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Ini adalah bulan yang sering dilalaikan banyak orang, bulan antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan di mana amal-amal diangkat menuju Rabb semesta alam. Dan aku ingin ketika amalku diangkat, aku dalam kondisi berpuasa.” (HR An-Nasa'i Nomor 2357, Ahmad 21753, Ibnu Abi Syaibah 9765, dan Syuaib Al Arnauth menilai sanadnya hasan)

Syakban berarti bulan penuh berkah dan kebaikan. Pada waktu ini Allah Subhanahu wa ta'ala membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah,” tukas Ustadz Asroni Al Paroya. Wallahu a'lam bishawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.