Ini Hukum Kenakan Busana Transparan atau Celana Pendek Saat Salat

Avatar of PortalMadura.Com
Ini Hukum Kenakan Busana Transparan atau Celana Pendek Saat Salat
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan Perintah Allah yang Wajib dilakukan umat Muslim dan apabila meninggalkannya akan mendapat dosa. Saat menunaikan salat hendaknya memakai yang bersih dari najis, sopan, dan tidak membuka aurat.

Selain itu, saat salat dianjurkan tidak memakai pakaian transparan atau bahkan celana pendek. Lantas, bagaimana hukumnya? Apakah salat dengan memakai pakaian itu akan diterima?.

Mengutip dari berbagai sumber, melakukan salat menggunakan celana pendek atau busana transparan nyatanya dianggap tidak sah. Perlu diperhatikan, menutup aurat di dalam salat tidaklah cukup dengan berpakaian ala kadarnya, seperti yang penting menutup aurat, tidak peduli pakaian itu terkena najis, bau, dan kotor misalnya.

Namun, perlu diperhatikan pula sisi keindahan dan kebersihan. Sebab, Allah SWT dalam firman-Nya memerintahkan untuk mengenakan zinah (pakaian sebagai perhiasan) ketika salat. Jadi, seorang hamba sepantasnya salat mengenakan pakaiannya yang paling bagus dan paling indah, karena dia akan bermunajat dengan Rabb semesta alam dan berdiri di hadapan-Nya.

Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah membawakan beberapa syarat pakaian yang dikenakan dalam shalat. Ringkasnya adalah sebagai berikut :

1. Tidak menampakkan kulit tubuh yang ada di balik pakaian;

2. Bersih dari najis;

3. Bukan pakaian yang haram untuk dikenakan seperti sutera bagi laki-laki, atau pakaian yang melampaui atau melebihi mata kaki bagi laki-laki (isbal);

4. Pakaian tersebut tidak menimbulkan mudarat atau bahaya bagi pemakainya.

Dengan demikian, ketika seorang wanita salat sendirian atau di hadapan sesama wanita atau di hadapan mahramnya dibolehkan baginya untuk membuka wajah, dua telapak tangan, dan dua telapak kakinya. Meski yang lebih utama ialah menutup dua telapak kakinya.

Sementara, untuk pria terdapat dua pilihan, yakni mengenakan celana panjang yang menutup antara pusar hingga lutut atau tetap mengenakan celana pendek tersebut, namun luarnya diganti dengan baju yang tidak transparan sehingga tidak tampak kulitnya. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.