Ini Keutamaan Rutin Baca Alquran di Bulan Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Ini Keutamaan Rutin Baca Alquran di Bulan Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap waktu umat Islam dianjurkan untuk membaca dan mempelajari Alquran, terlebih lagi pada bulan suci Ramadan seperti sekarang ini. Hal ini bisa dilihat dari beberapa hadis Rasulullah.

Dari Abdullah bin Abbas, ia berkata: “Rasulullah adalah orang yang paling dermawan, lebih-lebih di bulan Ramadan, ketika beliau ditemui oleh Malaikat Jibril. Dan Malaikat Jibril menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadan, lalu membaca Alquran bersama-sama. Maka sungguh Rasulullah ketika didatangi Jibril lebih cepat memberikan sesuatu melebihi kecepatan angin berhembus” (HR. Bukhari-Muslim).

Rasululullah juga mengumpamakan orang Muslim yang rajin membaca Alquran bagaikan buah limau, sedangkan orang yang tidak membaca Alquran bagaikan buah kurma.

Diriwayatkan dalam kitab ‘Sahih Bukhari dan Shahih Muslim', dari Abu Musa al-Asy'ari, Rasulullah bersabda: “Perumpamaan orang Mukmin yang membaca Alquran bagaikan buah limau, baunya harum dan rasanya lezat. Sedangkan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Alquran bagaikan kurma, tidak berbau tapi rasanya lezat”.

Baca Juga: Medis : Ini Manfaat Luar Biasa Membaca Alquran Dengan Bersuara

Selain itu, ayat-ayat suci Alquran yang dibaca oleh setiap Mukmin, menurut Rasulullah, akan memberi syafaat kepada pembacanya pada hari kiamat kelak. Rasulullah bersabda: “Puasa dan Alquran memberi syafaat kepada hamba Allah pada hari kiamat. Puasa berkata, ‘Wahai Tuhanku, aku telah menghalanginya makan minum dan memenuhi syahwatnya pada siang hari, maka perkenankanlah aku memberi syafaat baginya.' Dan Alquran pun berkata, ‘Aku telah menghalanginya tidur pada malam hari, maka perkenankanlah aku memberi syafaat baginya.' Lalu syafaat keduanya diterima Allah” (HR. Ahmad).

Dalam hadis lain, Rasulullah bersabda: “Bacalah Alquran, karena ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai pembela (pemberi syafaat) bagi orang yang mempelajari dan menaatinya” (HR. Muslim dari Abu Umamah).

Hadis lain menyebutkan, dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda: “Tiadalah berkumpul suatu kaum dalam Baitullah (masjid) untuk membaca Kitab Allah dan mempelajarinya, melainkan pasti turun kepada mereka ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni Malaikat dan diingati oleh Allah di depan makhluk yang di sisi-Nya”. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.