Ini Niat dan Tata Cara Salat Hajat

Ini Niat dan Tata Cara Salat Hajat
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Hampir setiap manusia mempunyai keinginan dalam hidupnya, entah dalam urusan keluarga, cintanya pada seseorang, ekonomi, pendidikan ataupun yang lainnya. Untuk mencapai keinginan itu, seseorang rela melakukan segala cara, termasuk berdoa pada Tuhan.

Selain dengan doa, umat Muslim juga bisa melakukan salat hajat. Apa itu salat hajat?. Ia merupakan salah satu salat sunah yang bisa dilakukan umat Islam saat memiliki keinginan agar segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Dilansir Republika.co.id yang dikutip dari Ibnu Thahir dalam bukunya yang berjudul The Power of Shalat Hajat, dijelaskan bahwa, salat hajat dapat dilakukan paling sedikit dua rakaat dan bisa juga dilakukan sebanyak empat atau enam rakaat dengan jeda salam setiap dua rakaat.

Namun menurut Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumiddin, salat hajat sebaiknya dilakukan sebanyak 12 rakaat dengan jeda salam setiap dua rakaat. Salat hajat ini bisa dilakukan secara berjemaah dan juga sendiri.

Perlu Anda ketahui, salat hajat tidak jauh berbeda dengan salat fardu, baik dalam bacaan dan gerakannya. Hanya saja, niat dan surah pendek setelah Surah Al-Fatihah yang berbeda.

Baca Juga:  Ziarah Makam Raja Joharsari, Baca Surah Ini Agar Allah Cepat Kabulkan Hajatnya

Sudah tahukah Anda bagaimana tata cara salat hajat yang baik dan benar?. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut caranya:

1. Niat, dengan bacaan “Aku niat mengerjakan salat sunah hajat dua rakaat karena Allah SWT“.

2. Membaca surah pendek setelah Surah Al-Fatihah, yaitu Ayat Kursi dan Surah Al-Ikhlas pada tiap rakaat.

3. Setelah salat hajat, dianjurkan membaca zikir dan doa agar permintaan Anda segera dikabulkan. Istighfar itu dibaca sekurang-kurangnya 33 kali. Kemudian, membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW setidaknya 33 kali. Setelah membaca selawat, dilanjurkan membaca doa.

Berikut doanya:

Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahalembut dan Mahamulia. Mahasuci Allah, Pemelihara ‘Arsy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan (turunnya) rahmat-Mu, sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, keuntungan dari setiap kebaikan, dan keselamatan dari setiap dosa. Jangan Engkau mengundang dosa untuk diriku kecuali Engkau ampuni, jangan pula suatu kepentingan kecuali Engkau beri jalan keluar, jangan pula suatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu kecuali Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Penyayang“.

Baca Juga:  Dalam Islam, Ini 3 Jenis Nafkah Suami Terhadap Istri

Baca Juga : Doa Setelah Salat Hajat yang Lengkap dengan Terjemahannya

Setelah membaca doa tersebut, dianjurkan bersujud sembari membaca doa, termasuk selawat sebanyak 10 kali, tasbih 10 kali, dan doa keselamatan di dunia dan akhirat. Selanjutnya, menyampaikan permohonan kepada Allah SWT atas hajat Anda. Lalu, bangun dari sujud dan kemudian membaca doa.

Doa terakhir ini berbunyi, “Ya Allah, Sesungguhnya hanya Engkau yang mengetahui rahasiaku dan sesuatu yang aku tampakkan. Terimalah segala udzurku, penuhilah yang aku butuhkan, berikanlah kepadaku apa yang aku minta. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui segala sesuatu yang ada di dalam hatiku, agamaku, duniaku dan akhiratku. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu“.

Demikian tata cara salat hajat yang perlu Anda ketahui. Wallahu A’lam.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.