Ini Penyebab dan Cara Hilangkan Jerawat Pada Dagu

Avatar of PortalMadura.com
Ini Penyebab dan Cara Hilangkan Jerawat Pada Dagu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hinggi saat ini, jerawat masih menjadi musuh semua orang, terutama perempuan. Tentu, untuk mengatasinya Anda tidak hanya perlu mengetahui cara mencegah tetapi juga mengobatinya. Selain itu, Anda juga harus tahu mengenai acne mapping. Sebab berbeda tempat munculnya, beda juga masalah dan arti di balik jerawat tersebut, seperti jerawat di area dagu.

Munculnya Jerawat pada area  dagu ternyata berhubungan langsung dengan hormon. Termasuk juga jerawat di area rahang.

Penyebab Jerawat di Dagu

Perlu Anda ketahui, sistem endokrin dalam tubuh bertugas untuk memproduksi hormon. Nah, ketika hormon diproduksi, kelenjar sebaceous akan menjadi aktif dan akhirnya menyebakan timbulnya jerawat pada area dagu.

Selain itu, selama masa menstruasi, produksi hormon dalam tubuh juga meningkat. Tingkat hormon juga akan meningkat saat Anda mengonsumsi pil KB yang mengandung progestin. Jadi, jangan takut dan panik bila Anda menemukan ada jerawat tumbuh di dagu.

Baca Juga:  Cara Keringkan Kulit Wajah yang Aman dan benar

Menghilangkan jerawat akibat perubahan hormon tidak mudah. Cara menanggulanginya pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui untuk menghilangkan jerawat.

Baca Juga : Dagu Jadi Tempat Munculnya Jerawat di Musim Dingin, Benarkah?

Pertama, pastika Anda membersihkan area wajah dan leher dengan gentle cleanser. Setelah itu, bungkus es batu dengan kain dan tempelkan pada area dagu yang ditumbuhi jerawat selama beberapa menit. Namun ingat, jangan sampai lebih dari 5 menit.

Mengompres jerawat dengan es batu akan membantu mengurangi inflamasi, rasa sakit, dan kulit yang memerah. Setelah itu, baru Anda bisa menggunakan obat topikal. Pastikan krim tersebut mengandung salicylic acid, retinoids, dan benzoyl peroxide.

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

jerwat di dagu

Setelah mengetahui berbagai penyebab jerawat yang bisa muncul di dagu, Anda perlu memahami cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

Baca Juga:  3 Langkah Perawatan Kulit Tangan Supaya Tetap Awet Muda, Anda Penasaran?

1. Menjaga kebersihan wajah

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk agar dagu anda tidak muncul jerawat adalah menjaga kebersihan wajah. Caranya mudah, yaitu dengan mencuci muka dua kali sehari menggunakan pembersih wajah berbahan ringan.

2. Tidak memencet jerawat

Jerawat yang muncul di dagu memang menggemaskan, namun hindari memencet atau memegang jerawat. Kebiasaan memencet jerawat dapat menyebabkan jerawat terinfeksi dan lebih lama sembuh.

3. Mengompres jerawat

Untuk mengurangi peradangan, Anda dapat mengompres jerawat pada dagu menggunakan kompres dingin. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih, lalu gunakan untuk mengompres jerawat selama 5 menit.

4. Mengoleskan obat jerawat

Untuk mengatasi jerawat yang muncul di dagu, Anda dapat mengoleskan krim yang mengandung benzoil peroksida dan retinoid. Namun ingat, tetap lakukan pemeriksaan ke dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping.

Baca Juga:  Berikut Manfaat Lulur Cokelat Untuk Kulit Lebih Cerah

Itulah penyebab dan cara menghilangkan jearawat yang muncul di dagu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.