Ini Solusi Saat Anda Ragu Sudah Wudu atau Belum

Avatar of PortalMadura.com
Ini Solusi Saat Anda Ragu Sudah Wudu atau Belum
Ilustrasi (ydsf.org)

PortalMadura.Com – Sebelum mengerjakan salat, setiap umat muslim diwajibkan untuk berwudu. Karena, merupakan syarat utama sebelum melaksanakan suatu ibadah, khususnya salat, membaca Alquran, thawaf dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, apabila tidak berwudu maka ibadah yang dikerjakan menjadi tidak sah. Tapi pernahkah Anda merasa ketika ingin melaksanakan ibadah?. Jika hanya satu dua kali keraguan itu muncul tidak masalah. Namun akan jadi masalah bila keraguan itu menghantui setiap saat.

Apalagi, setelah selesai salat muncul keraguan sudah wudu atau belum. Bagi yang pernah merasakan ini tidak usah panik. Karena persoalan ini sudah dibahas dan dirumuskan solusinya oleh ulama fikih. Terkait hal ini, Syeikh al-Nawawi dalam Nihayatul Zein menjelaskan:

لا يرتفع يقين وضوء أو حدث بظن ضده، فمن تيقن الطهر ثم شك هل أحدث أم لا فالأصل عدم الحدث، ومن تيقن الحدث ثم شك هل تطهر أم لا فالأصل عدم الطهر

Keyakinan telah mengerjakan wudu atau sedang berhadas tidak akan bisa hilang dengan keraguan bandingannya. Orang yang yakin sudah bersuci, kemudian ragu apakah sudah berwudu atau belum, maka yang dijadikan pedoman adalah dianggap tidak berhadas. Sebaliknya, orang yang yakin sedang berhadas, kemudian dia ragu apakah sudah bersuci atau belum, maka yang dijadikan patokan adalah dia belum bersuci”.

Maksudnya, dalam keadaan ragu yang menjadi acuan adalah keyakinan atau lebih cenderung ke mana. Dalam fikih diajarkan, asumsi awal bisa dijadikan acuan dan patokan. Misalnya, orang yang sudah wudu, tiba-tiba ragu, maka berarti dia dianggap sudah wudu dan tidak perlu mengulangi wudu.

Baca Juga : Bolehkah Sujud Syukur Tanpa Wudu?

Sebaliknya, orang yang yakin sebelumnya sedang berhadas, lalu ragu apakah sudah bersuci atau belum, maka berati dia belum bersuci, sehingga dianjurkan untuk bersuci terlebih dahulu.

Demikian penjelasan mengenai keraguan sudah wudu apa belum. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.