Ini Usia Terbaik Anak Boleh Diperkenalkan dengan Komputer

Avatar of PortalMadura.com
Ini Usia Terbaik Anak Boleh Diperkenalkan dengan Komputer
Ilustrasi (pondokibu.com)

PortalMadura.Com – Orang tua di zaman sekarang umumnya ingin anak-anaknya bisa memiliki kemampuan lebih sehingga ia bisa bersaing dengan anak lainnya. Salah satu cara yang dilakukannya yaitu dengan mendaftarkan anak les, seperti les renang, piano, Bahasa Inggris, hingga komputer.

Berbicara tentang les komputer, sebenarnya banyak anak yang saat ini sudah mengenal atau pintar mengoprasikan komputer. Bahkan, di usianya yang masih terbilang dini. Namun, sebetulnya di usia berapa anak baru boleh diperkenalkan dengan alat elektronik tersebut?.

Menurut CEO Cody’s App Academy, Wisnu Sanjaya, usia yang cocok untuk memperkenalkan anak ke dunia komputer dan gadget adalah ketika dia dianggap sudah bisa bertanggung jawab atas penggunaannya.

Tingkat dewasa anak, lanjut dia, berbeda-beda. Bisa anak usia kelas 1 atau bahkan kelas 2 sekolah dasar. Namun, ada juga kondisi di mana anak tidak direkomendasikan untuk diperkenalkan pada komputer.

“Sangat tidak kami rekomendasikan untuk diperkenalkan di dunia gadget dan komputer jika sejak awal mereka belum mengenal gadget dan komputer sama sekali,” ujar Wisnu.

Lebih lanjut, Wisnu menjelaskan, komputer sesungguhnya merupakan salah satu media yang bisa digunakan anak untuk mengasah kreativitas. Seperti belajar membaca, menghitung, Bahasa Inggris, ensiklopedia, bermain game dan belajar programming.

Diakui Wisnu, membiarkan anak bermain video games di komputer masih menjadi hal yang kontroversial di kalangan orang tua. Padahal, kata dia, dengan bermain game, anak akan belajar banyak hal. Mulai dari belajar Bahasa Inggris, belajar sejarah dunia, melatih motorik, logika, dan bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk belajar tentang materi pelajaran di sekolah.

“Selain itu di zaman sekarang, anak usia dini bahkan sudah bisa belajar membuat game di komputer. Bahkan hal ini dapat dimulai sejak anak masih kelas 1 Sekolah Dasar,” ucapnya.

Sementara itu, untuk bahasa pemrograman atau programming, lanjut Wisnu, bisa diperkenalkan pada anak yang sudah terbiasa menggunakan gadget atau komputer. Anak bisa diarahkan belajar programming untuk membuat game asalkan mereka sudah bisa membaca, menulis, dan menghitung sederhana.

Wisnu menjelaskan, bahwa belajar programming sangat melatih logika anak. Sebab, untuk membuat perintah programming yang baik, anak harus berpikir secara logis.

Selain melatih logika, anak juga akan terlatih kreativitasnya karena mereka juga akan belajar menggambar, membuat cerita dan game design.

Baca Juga : Pagi Ini, Satu Korban Perahu Tenggelam Kembali Ditemukan Tak Bernyawa

“Jadi akan ada banyak hal yang akan dipelajari anak dan hal ini sangat penting untuk orang tua yang masih belum tahu minat dan bakat anak,” kata Wisnu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.