Ini Zikir Subuh untuk Dapatkan Ketenangan Hati

Avatar of PortalMadura.com
Ini Zikir Subuh untuk Dapatkan Ketenangan Hati
Ilustrasi (Dalamislam.com)

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya bahwa hidup manusia tidak bisa lepas dari adanya masalah. Berbagai ujian dan cobaan yang datang menghampiri sering kali membuat mereka tertekan dibuatnya. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya, umat Muslim dianjurkan untuk berzikir.

Nah, salah satu waktu untuk berzikir yang membuat hati terasa tenang adalah ketika subuh tiba. Jadi, saat subuh, Anda dianjurkan untuk tidak langsung beranjak dari tempat salat. Lakukanlah zikir walaupun hanya sebentar saja.

Daripada Anda membuang waktu pagi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, alangkah lebih baiknya Anda berzikir di waktu subuh. Tentunya, selain ketenangan yang akan didapat, akan menambah amal baik Anda di hadapan Allah SWT.

Lantas, zikir apa yang tepat dipanjatkan saat selesai salat Subuh?.

Dilansir Okezone.com, yang dikutip dari NU Online, Imam Nawawi dalam kitab Al Azkar mengatakan, ada lafal zikir yang sebaiknya dibacakan setelah salat Subuh. Beberapa ayat Alquran yang menjadi dasarnya, di antaranya:

Surat Thaha ayat 130

فَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا ۖ وَمِنْ آنَاءِ اللَّيْلِ فَسَبِّحْ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ لَعَلَّكَ تَرْضَىٰ

Faṣbir ‘alā mā yaqụlụna wa sabbiḥ biḥamdi rabbika qabla ṭulụ’isy-syamsi wa qabla gurụbihā, wa min ānā`il-laili fa sabbiḥ wa aṭrāfan-nahāri la’allaka tarḍā

Artinya: “Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang,”.

Surat Ghafir ayat 55

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِبْكَارِ

Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu pada pagi dan petang,”.

Surat An-Nisa ayat 148

لَا يُحِبُّ اللَّهُ الْجَهْرَ بِالسُّوءِ مِنَ الْقَوْلِ إِلَّا مَنْ ظُلِمَ ۚ وَكَانَ اللَّهُ سَمِيعًا عَلِيمًا

Lā yuḥibbullāhul-jahra bis-sū`i minal-qauli illā man ẓulim, wa kānallāhu samī’an ‘alīmā

Artinya: “Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui“.

Surat Al-An‘am ayat 52

وَلَا تَطْرُدِ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ ۖ مَا عَلَيْكَ مِنْ حِسَابِهِمْ مِنْ شَيْءٍ وَمَا مِنْ حِسَابِكَ عَلَيْهِمْ مِنْ شَيْءٍ فَتَطْرُدَهُمْ فَتَكُونَ مِنَ الظَّالِمِينَ

Wa lā taṭrudillażīna yad’ụna rabbahum bil-gadāti wal-‘asyiyyi yurīdụna waj-hah, mā ‘alaika min ḥisābihim min syai`iw wa mā min ḥisābika ‘alaihim min syai`in fa taṭrudahum fa takụna minaẓ-ẓālimīn

Artinya: “Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim)“.

Surat An-Nur ayat 36

فِي بُيُوتٍ أَذِنَ اللَّهُ أَنْ تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا اسْمُهُ يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ

Fī buyụtin ażinallāhu an turfa’a wa yużkara fīhasmuhụ yusabbiḥu lahụ fīhā bil-guduwwi wal-āṣāl

Artinya: “Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang“.

Surat As-Shad ayat 18

إِنَّا سَخَّرْنَا الْجِبَالَ مَعَهُ يُسَبِّحْنَ بِالْعَشِيِّ وَالْإِشْرَاقِ

Innā sakhkharnal-jibāla ma’ahụ yusabbiḥna bil-‘asyiyyi wal-isyrāq

Artinya: “Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi“.

Imam Nawawi menyebutkan bahwa salah satu zikir pagi atau zikir yang utama dibaca di waktu pagi adalah Al Azkar. Hal tersebut berdasarkan perintah Allah dalam QS Thaha ayat 130.

وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum terbit dan sebelum terbenam matahari,”.

Kalimat ini merupakan kalimat yang sangat dicintai oleh Allah. Barangsiapa yang banyak berzikir dengan kalimat kecintaan Allah, maka Allah akan mencintainya pula. Adapun redaksi kalimat tasbih yang berdasarkan riwayat hadis pada Shahih Muslim, yaitu:

سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ

Subhānallāhi wa bi hamdih.

Mahasuci Allah dengan segala puji bagi-Nya”.

Baca Juga : Bacalah Zikir Ini Setiap Pagi, Insya Allah Segala Urusan Anda akan Dimudahkan

Demikian beberapa lafal zikir yang bisa Anda baca di waktu subuh. Nah, agar Anda mendapatkan ketenangan, maka amalkan zikir ini setiap hari. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.