Inilah 12 Makanan dan Minuman Favorit Rasulullah

Avatar of PortalMadura.com
ilustrasi bisnisborneo.com
ilustrasi (bisnisborneo.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Rasulullah memang menjadi suri tauladan untuk segala aspek kehidupan umat sejak dahulu hingga pada masa sekarang ini. Mulai dari akhlak hingga pola makan sudah diatur sedemikian rupa untuk menjadi contoh yang baik bagi umatnya.

Setiap muslim percaya bahwa semua yang dilakukan Rasulullah adalah contoh baik. Selain berpahala, juga memberi manfaat terbaik bagi umat manusia.

Berikut duabelas makanan dan minum kegemaran Rasulullah yang ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan:

Barley atau Jelai

e
Jelai merupakan sejenis gandum yang biasanya dipakai untuk membuat sereal. Rasulullah pernah menyarankan untuk mengonsumsi makanan ini saat seseorang terkena demam. Beliau juga menyarankan jelai ini diolah dalam bentuk sup yang hangat.

Kurma

g
Sudah banyak hadis yang meriwayatkan betapa Rasulullah sangat menyukai kurma. Beliau bahkan mengatakan kurma adalah sebagai makanan utama.

Rasulullah bersabda: “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar,” (HR. Bukhari).

Kurma bagus untuk diberikan pada ibu hamil. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa, sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan memberikan kepadanya”.

Selain menguatkan tubuh, kurma juga berfungsi sebagai penawar racun dalam proses detoksifikasi. Karena itulah beliau menyarankan untuk memakan kurma saat berbuka puasa.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Buah Ara (Buah At-Tin)

f
Buah ini bahkan menjadi sebuah judul surah dalam Al-Quran, yaitu Surah At-Tin. Padahal buah ini sendiri tidak tumbuh di daerah Hijaz Arab. Tanaman ini berasal dari Asia Barat.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Darda R.A, “Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Rasulullah Bersabda: ‘Makanlah!’ Lalu beliau pun memakannya dan berkata, ‘Jika engkau berkata, ‘ada buah yang diturunkan dari surga,’ maka aku bisa katakan, ‘inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. ‘Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”

Menurut penelitian, buah ini dapat mengobati sembelit, penyakit usus dan lambung, bisul, haid tidak teratur, dll.

Baca Juga:  Ini Perbedaan Santet, Teluh, Tenung dan Guna-guna

Anggur

c
Buah ini disebutkan di dalam Quran, “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan,” (Q.S An Nahl: 11).

Rasulullah pun sangat menyukai buah ini. Beliau bersabda, “Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak,” (HR Abu Nuaim).

Memang sejak dahulu kala buah anggur sudah terkenal khasiatnya. Selain sebagai makanan yang memiliki zat penguat jantung, liver, dan paru-paru, buah ini juga berfungsi sebagai zat kosmetik. Jaman dulu cairan buah anggur digunakan untuk membersihkan wajah. Konon anggur juga dipakai untuk mengobati kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.