Inilah 3 Cara Cegah Setan Tidak Masuk ke Tubuh Saat Menguap

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 3 Cara Cegah Setan Tidak Masuk ke Tubuh Saat Menguap
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menguap merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh setiap manusia, apalagi kalau sedang mengantuk atau kekurangan oksigen. Kebiasaan ini bisa timbul kapan saja tanpa terkecuali saat tengah menjalankan ibadah, seperti halnya salat.

Meski menguap tidak dilarang, tapi kebiasaan ini harus sebisa mungkin dihindari. Terlebih lagi jika Anda menguap tanpa adab, hal yang demikian ini justru bisa memicu masuknya setan ke dalam diri. Ketika setan sudah masuk, maka orang tersebut bisa saja digoda agar malas melakukan ibadah.

Maka dari itu sebagai umat muslim, Anda harus mengetahui tata cara menguap yang baik dan benar sesuai dengan syariat. Tujuannya agar dapat menghalau masuknya setan ke dalam diri Anda.

Berikut tiga cara cegah setan masuk ke tubuh saat menguap:

Berusahalah untuk Menolak Rasa Ingin Menguap
Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghalau setan tidak masuk ke dalam tubuh ketika menguap adalah dengan menolaknya. Ketika hendak menguap, berusahalah keras mungkin untuk menolak dan menahannya terutama ketika sedang salat. Dengan demikian, maka Anda akan terhindar dari masuknya setan ke dalam diri.

Sesuai dengan sabda Rasulullah. Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri r.a, Rasulullah bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam salatnya, hendaklah ia berusaha menahan menguapnya sebisa mungkin karena setan bisa masuk” (HR Muslim).

Syekh Nada menambahkan, bagaimana setan bisa masuk? Tidak perlu heran. Setan adalah makhluk yang tercipta dari api, bisa berubah bentuk, berpindah, dan bergerak seperti hawa dan angin.

Tutup Mulut Ketika Menguap
Tetapi tidak semua orang bisa menolak atas perasaan ingin menguap. Jika ini terjadi, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan meletakkan tangan di mulut dan menutupnya. Hal ini bertujuan agar saat Anda menguap setan tidak masuk. Alasan lainnya, ketika manusia menguap dan mulutnya tidak tertutup maka ia akan terlihat birik dan saat itu setan akan mentertawakannya.

Anjuran untuk menutup mulut saat menguap ini tertuang dalam sabda Rasulullah. Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda: “Jika salah seorang dari kalian menguap, tutuplah mulutnya dengan tangannya,” (HR Turmudzi).

Tidak Mengeluarkan Suara
Cara terakhir agar setan tidak masuk ke dalam tubuh ketika menguap adalah dengan tidak mengeluarkan suara. Ternyata, mengeluarkan suara saat menguap termasuk adab yang buruk dalam ajaran Islam.

Akan tetapi, banyak orang yang belum mengetahui mengenai hal tersebut. Bahkan, ada di antara mereka yang dengan sengaja menguap sekaligus mengeluarkan suara agar mendapatkan kepuasan diri atapun juga dianggap lucu bagi orang yang ada di sekitarnya.

Padahal sebenarnya, perbuatan yang demikian ini sangat dekat dengan perilaku setan. Dalilnya masih merujuk kepada riwayat Turmudzi tersebut. Disebutkan bahwa bila seseorang menguap lalu mengeluarkan suara “aahh”, maka setan tertawa di dalam perutnya. Wallahu A'lam. (infoyunik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.