Inilah 3 Hal yang Perlu Anda Ajarkan pada Anak Muslim Sejak Dini

  • Bagikan
anak anak muslim
ilustrasi

PortalMadura.Com – Lahirnya seorang anak merupakan anugerah dan kebahagiaan bagi Pasangan Suami Istri (Pasutri). Sebagai orang tua, mereka wajib mendidik, menyayangi dan mengajarkan hal-hal baik yang bisa bermanfaat bagi diri anak kelak.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk masa depan anaknya?. Tentu saja Islam sebagai agama yang menjadi pedoman hidup tidak selalu memerintahkan pada hal-hal yang bersifat ruhiyah semata, melainkan pada seluruh bidang kehidupan. Termasuk mengajarkan keterampilan fisik pada anak-anak Anda.

Berikut tiga hal yang perlu Anda ajarkan pada anak-anak sejak usia dini:

Zikir dan Salat
Setiap ada keluhan atau syukuran, apakah anak-anak Anda sudah terampil berzikir?. Ketika jatuh beristighfar, ketika dipuji mengucap hamdalah, melihat keindahan mengucap maasya Allah.
Sudahkah anak-anak Anda melaksanakan salat 5 waktu?.

Keterampilan untuk senantiasa mengingat Allah dan menjadikan Allah sebagai satu-satunya yang pantas disembah dan dimintai segala permintaan merupakan hal utama yang perlu diajarkan pada buah hati Anda.

Pasalnya, banyak orang tua yang sudah mengajarkan anak terampil baca tulis dan hitung sejak kecil, namun belum mengajarkan anak terampil mengingat Allah di waktu sempit dan lapang.

Latihan Memanah dan Berenang
Untuk melatih ketangkasan fisik, anak bisa diajarkan olahraga memanah dan berenang. Rasulullah bersabda: “Setiap hal yang tidak ada zikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang” (HR. Imam An Nasa’i).

Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Anda bisa mengajarkan keterampilan untuk beramar ma’ruf dan nahi munkar pada anak-anak sejak dini. Agar mereka tahu bahwa orang dewasa pun tidak selalu benar, ada kalanya orang dewasa lalai dan perlu diingatkan. Misalnya, berikan kesempatan pada anak-anak untuk mengingatkan orang tua jika sedang malas salat.

Namun, Anda jangan mengatakan, “Kamu masih kecil sok-sokan ingetin abi dan umi…” padahal amar ma’ruf nahi munkar jika tidak Anda ajarkan pada anak sejak kecil, kapan ia akan terbiasa?.(ummi-online.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.