Inilah 4 Rahasia Bikin Buah Hati Anda Rajin Belajar di Rumah

  • Bagikan
Anak rajin belajar di rumah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua tentu ingin anaknya semangat untuk belajar sendiri tanpa perlu diingatkan kembali. Sebab, orang tua tidak bisa terus-menerus memerhatikannya setiap detik. Pasalnya, banyak kegiatan lain yang harus dilakukan orang tua di rumah.

Maka dari itu, untuk meningkatkan semangat belajar si kecil ada beberapa cara yang bisa diterapakan oleh orang tua. Salah satunya ketika anak berprestasi tidak hanya melalui hadiah atau penghargaan yang diberikan, mengatur kamar pun akan membuatnya semakin betah berada di kamar dan meningkatkan konsentrasinya saat belajar.

Nah, supaya anak makin semangat belajar, berikut ini panduan menata kamar anak agar lebih berkonsentrasi:

Ubah Lokasi Belajar
Belajar tidak harus dilakukan di depan meja. Jika memang Anda selalu menyuruh si kecil membaca buku pelajarannya di meja, dia akan cepat bosan dan tidak nyaman melihat meja belajarnya.

Cobalah dirikan teepee tent buatan sendiri di salah satu sudut kamar yang masih kosong dan jadikan tenda tersebut sebagai reading nook. Anak akan merasa dia belajar sambil bermain.

Isi Dinding dengan Foto
Jangan hanya menempelkan jadwal pelajaran dan apa saja yang harus dia pelajari di dinding kamarnya. Tambahkan foto-foto liburan, fotonya saat merayakan ulang tahun, atau hadiah yang akan dia dapatkan jika dia berprestasi.

Melihat foto akan membuatnya semangat untuk mengejar prestasinya, karena dia sadar jika liburan kenaikan kelas nanti, ada hadiah seru yang menantinya.

Wadah Aksesori
Pastikan meja belajar anak tetap rapi dan penuh warna. Meja yang berantakan akan membuat mood belajarnya menurun.

Menyimpan alat tulis tidak harus menggunakan wadah yang mahal, gunakan kaleng bekas yang sudah dihias kembali untuk digunakan sebagai wadah simpan. Aturlah alat tulis sesuai kategori, misalnya pensil warna, spidol, dan kertas warna.

Gunakan Wallpaper
Jika masih ada sisi dinding yang kosong, isilah bagian itu dengan wallpaper stiker dengan tema favoritnya. Agar lebih menarik dan enak dilihat bisa diisi dengan gambar-gambar lingkungan, misalnya pohon dengan daun-daunnya, bunga, atau binatang seperti burung.

Melihat wallpaper cantik seperti ini juga membantunya menenangkan diri jika sebelumnya mengalami kekesalan di sekolah. (liputan6.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.