oleh

Inilah 5 Hal Yang Disunahkan Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

PortalMadura.Com – Sunah puasa merupakan hal-hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk dilakukan saat berpuasa, dimana kita akan mendapatkan pahala lebih ketika melakukan hal tersebut. Terutama berpuasa di bulan Ramadan yang tidak lain adalah puasa wajib.

Melaksanakan Ibadah Wajib tentu ada kesunahan-kesunahan yang efeknya adalah menyempurnakan apa yang ada pada Ibadah Wajib tersebut.

Berikut lima hal yang di sunahkan bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadan:

Makan Sahur Walaupun Sedikit, Meski Hanya Seteguk Air
Disunahkan menangguhkan sahur ini sampai akhir malam. Fungsi sahur untuk menguatkan tubuh dalam menjalani puasa.

“Makan sahurlah kalian, sebab dalam sahur itu terkandung berkah,” (HR. Bukhari dan Muslim).

“Makan sahur itu berkah. Maka, janganlah kalian meninggalkannya meskipun hanya dengan minum seteguk air sebab Allah SWT dan para malaikat-Nya berselawat untuk orang-orang yang makan sahur,” (HR. Ahmad).

Adapun anjuran untuk mengakhiri sahur didasarkan atas hadis berikut: “Ada tiga perkara yang termasuk akhlak para rasul: menyegerakan buka puasa, mengakhiri sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri dalam salat,” (H.R Ath-Thabrani).

“Umatku akan baik-baik saja selama mereka menyegerakan buka puasa dan mengakhiri sahur,” (H.R Ahmad dari Abu Dzar).

Menyegerakan Buka Puasa Sebelum Salat Maghrib
Disunahkan berbuka puasa dengan makan kurma matang, kurma kering, manisan, atau air putih, serta dianjurkan jumlahnya ganjil (tiga biji atau lebih). Anjuran ini mengikuti hadis yang berbunyi:

“Orang-orang akan baik-baik saja selama mereka menyegerakan buka puasa,” (Muttafaq ‘alahi dari Sahal bin Sa’d).

Ahmad dan At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah, Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya hamba-Ku yang paling Kucintai adalah yang paling dahulu berbuka”.

“Buka puasa sebelum salat lebih afdhal karena Rasulullah pun berbuat demikian,” (Diriwayatkan oleh Muslim dari Aisyah).

“Rasulullah biasa berbuka dengan beberapa biji kurma matang sebelum menunaikan salat Maghrib. Kalau tidak ada kurma matang, beliau berbuka dengan kurma kering. Kalau tidak ada kurma kering, beliau minum beberapa teguk air,” (Diriwayatkan Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi).

Disunahkan Berdoa
Orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak akan tertolak. Dalam sebuah hadis dinyatakan, “Bagi orang yang berpuasa, pada waktu berbuka, ada doa yang tidak tertolak,” (Diriwayatkan Ibnu Majah dari Abdullah bin Amr).

Komentar