oleh

Inilah 5 Penyebab Munculnya Komedo Putih di Area Wajah

PortalMadura.Com – Jerawat ringan yang muncul sebagai bintik kecil, berbentuk bulat, dan berwarna putih pada permukaan kulit disebut juga whiteheads atau komedo putih. Ini biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori karena kotoran. Apabila whiteheads dibiarkan akan berpotensi menjadi jerawat yang lebih besar.

Sebelum Anda melakukan beberapa cara untuk mengatasi whiteheads, sebaiknya Anda perlu tahu apa saja penyebab dari hal ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini beberapa penyebab whiteheads yang perlu Anda ketahui.

Faktor Keturunan

Hal ini adalah hal umum yang biasanya di alami oleh banyak orang, jika orang tuanya memiliki riwayat berjerawat maka kemungkinan besar anaknya akan memiliki kondisi kulit yang sama.

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa munculnya whiteheads memiliki korelasi yang kuat antara gen dan kemunculan jerawat.

Gen dapat menentukan seberapa sensitif kulit yang dimiliki dan perubahan seperti apa yang dapat muncul. Selain faktor gen, kebiasaan gaya hidup dalam suatu keluarga juga berperan dalam kemunculan whiteheads ini.

Terlalu Banyak Makan Makanan Berminyak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak tentunya bukanlah hal yang baik, selain dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat tetapi kesehatan kulit juga akan berpengaruh.

Makanan yang berminyak dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak pada kulit secara berlebih sehingga akan membuat kulit menjadi greasy dan munculnya komedo putih.

Untuk menghindari hal ini, perbanyak konsumsi sayur dan buah agar tidak mengalami produksi minyak yang berlebih pada kulit.

Stres Juga Picu Munculnya Whitehead

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa perasaan stres yang dialami seseorang dapat menyebabkan timbulnya komedo karena sel-sel kulit memproduksi sebum secara berlebihan.

Saat seseorang sedang mengalami stres, maka sel-sel penghasil minyak tidak akan bekerja secara teratur dan membuat sebum menjadi terlalu banyak.

Karena hal ini, pori-pori akan tersumbat sehingga akan memicu munculnya jerawat, termasuk juga komedo putih dan jenis-jenis jerawat yang lainnya. Mereka yang mengalami stres dan cemas dapat menggaruk kulit dan memperburuk kondisi kulit dan membuatnya menjadi iritasi.

Tinggal di Lingkungan yang Buruk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa gaya hidup seseorang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Tinggal di lingkungan yang kotor dengan kondisi udara yang tidak bersih dapat membuat kotoran menumpuk pada kulit wajah dan menyumbat pori-pori.

Tidak hanya itu saja, seringkali kebiasaan ini di abaikan karena tidak menimbulkan dampak langsung, kebiasaan tersebut adalah begadang. Dampak dari begadang mungkin tidak akan langsung terlihat, namun ternyata dapat berpengaruh besar pada kulit dan tentunya juga untuk kesehatan tubuh.

Pengaruh Penggunaan Makeup

Jarang diketahui, tetap hal ini dapat menyebabkan munculnya komedo putih pada jerawat, yaitu penggunaan makeup. Terlalu banyak menggunakan makeup juga dapat membuat kulit menjadi berjerawat dan munculnya komedo.

Komedo putih seringkali muncul jika terlalu sering menggunakan makeup sehingga mengganggu kulit untuk bernapas. Hal yang harus dilakukan adalah selalu mencuci bersih wajah setelah atau sebelum menggunakan jerawat agar tidak akan kotoran yang tertinggal di wajah dan menyebabkan munculnya komedo putih.

Nah, itulah lima hal yang dapat menyebabkan munculnya komedo putih pada area wajah. Beberapa hal ini mungkin seringkali di abaikan, namun jika tidak dilakukan perawatan maka kulit wajah akan menjadi rusak dan tidak sehat. Ingat selalu ya, Ma!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar