oleh

Inilah 6 Kegiatan Produktif di Jam Makan Siang saat Puasa Yang Perlu Anda Terapkan

Portalmadura.Com – Lapar dan haus sudah pasti dirasakan orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Terkadang, puasa malah dijadikan alasan untuk bermalas-malasan saat bekerja. Hal ini biasanya dilakukan demi alasan menjaga stamina agar tidak cepat lapar dan haus, sehingga puasa tetap terjaga.

Namun, bukan berarti saat Anda berpuasa harus termangu atau malah terus bekerja. Jam makan siang, tanpa makan siang di bulan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan karier dan kebahagiaan personal Anda dengan melakukan beberapa aktivitas produktif selama puasa.

Selamat Ibadah Puasa

Berikut enam aktivitas produktif yang bisa Anda lakukan saat berpuasa:

Olahraga Ringan
Anda tidak perlu harus push up di kantor. Cukup jalan-jalan ringan sambil meregangkan otot-otot yang kaku karena duduk membungkuk menghadapi pekerjaan. Kalau bisa, pilih rute dengan pemandangan hijau untuk relaksasi mata dan membantu menghilangkan beban pikiran.

Meditasi Singkat
Jika dilakukan dengan teratur, selain dapat meringankan stres akibat tekanan di tempat kerja, meditasi juga dapat melatih otak untuk meningkatkan konsentrasi. Anggap saja sebagai kegiatan untuk rileks.
Ubah tipikal Anda menjadi zona nyaman selama beberapa menit dengan sesi meditasi singkat. Coba dengarkan musik yang santai, kosongkan pikiran, tutup mata Anda, dan bernafaslah perlahan-lahan beberapa kali.

Mengobrol dengan Kolega
Kesibukan kerja sehari-hari mungkin menyebabkan Anda tidak memiliki waktu untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman Anda di kantor. Jam makan siang pun kadang bisa terlewatkan sehingga hubungan Anda dengan mereka terasa renggang.

Memasuki bulan puasa, jadikan perbaikan hubungan Anda dengan kolega sebagai keuntungan pribadi. Anggap saja sambil menambah teman sambil networking.

Mengobrol dengan Teman dan Keluarga
Biasanya Anda terlalu sibuk bekerja atau menghadiri lunch meeting sehingga waktu untuk orang-orang terdekat di delegasikan ke penghujung hari atau akhir pekan. Kebetulan, waktu lowong (istirahat) bisa Anda gunakan untuk menghubungi mereka yang selama ini menjadi pendukung nomor satu Anda. Beberapa menit berbincang dengan mereka akan menambah semangat dan motivasi Anda untuk bekerja lebih baik.

Tidur Siang
Tubuh manusia memiliki ritme yang mengatur aktifnya otak di jam-jam tertentu. Menurut penelitian, jam sekitar 13.00-14.00 adalah ketika tubuh kita paling mudah merasa lemas dan ngantuk. Tidur siang singkat sepanjang 15 hingga 20 menit akan membuat Anda lebih segar saat bangun dan mendongkrak performa kerja dan produktivitas.

Membaca Buku
Anda tentu tahu kalau buku adalah jendela pengetahuan. Isi waktu dengan membaca buku favorit atau buku pedoman berkarier lebih baik. Anda tidak gemar membaca?. Coba dengarkan lagu favorit Anda atau membaca artikel dari website kesayangan.

Hobi apa saja yang bisa Anda lakukan di ruang kerja, silahkan lakukan, asal dapat membuat Anda rileks dan melupakan beban kerja sejenak, sisihkan waktu Anda untuk melakukannya. (okezone.com/Salimah)


Komentar