Inilah 6 Langkah Sederhana Untuk Menghidupkan Motor Sebelum Berkendara

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 6 Langkah Sederhana Untuk Menghidupkan Motor Sebelum Berkendara
Ilustrasi (www.motorsiana.com)

PortalMadura.Com – Menghidupkan motor terlihat sangat mudah, dapat dilakukan dengan menggunakan elektrik starter atau dengan kick starter. tapi perlu Anda ketahui bahwa terdapat langkah lebih sederhana dalam menghidupkan motor yang benar sesuai dengan prosedur.

Jika menghidupkan motor sembarangan tanpa mengikuti prosedur motor tentunya motor Anda akan cepat rusak. Apabila Anda tidak ingin hal itu terjadi, ikutilah langkah-langkah sederhana berikut ini.

Periksa Kapasitas Oli
Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai kehabisan, lakukan pergantian oli secara berkala, Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui masih bagus atau tidaknya kualitas oli tersebut. Anda bisa merujuk pada buku panduan pemakaian motor Anda. Jangan sampai permasalahan oli mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Periksa Kondisi Aki dan Busi
2 komponen motor ini harus tetep di jaga agar performance motor tetep stabil selain itu agar tidak mudah mogok saat berkendara baik perjalanan jauh atau pendek. Busi motor juga sangat berguna untuk motor matic agar tetap melaju dengan kecang,jika komponen aki dan juga busi tidak berfungsi sebagai mestinya maka segera ganti dengan yang baru usahakan dari bengkel yang resmi.

Posisi Kunci Kontak dan Stide Stand Switch
Hal yang paling mudah  yaitu memutar kunci kontak pada posisi ON dan jangan sampai lupa untuk motor tipe matic perhatikan Standar samping otomatis (Stide Stand Switch) karena mesin tidak dapat dinyalakan saat standar samping dalam posisi turun.

Deteksi Lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL)
Pada saat lampu indikator MIL menyala, ECU akan mendeteksi apabila ada kerusakan pada sensor-sensor sistem injeksi. Kedipan lampu indikator MIL dapat diketahui dengan membaca berapa kedipan yang muncul, Hal ini untuk mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem injeksi. Jika ternyata terdapat kedipan pada MIL berarti menandakan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI motor dan sebaiknya bawa ke bengkel.

Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)
Kebanyakan orang saat bensin mau habis baru melakukan pengisian ,ada juga yang lebih parah lagi ,sampai motor tidak bisa di jalankan baru di isi bahan bakar (bensin). Nah hal tersebut jangan sampai terulang kembali , usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai di posisi E atau empty apa lagi lewat dari huruf E di info speedometer. Usahakan untuk selalu mengisi bensin motor anda jangan sampai kosong.

Memanaskan Mesin Motor
Setelah motor dihidupkan usahakan untuk tidak langsung menarik gas dengan kencang, menunggu beberapa saat antara 1 sampai 2 menit. Jika tidak ingin memanaskan mesin karena terburu-buru dan ingin langsung menggunakan motor matic, sebaiknya anda gunakan dengan kecepatan rendah terlebih dahulu. Hal ini berfungsi sama dengan memanaskan mesin yang bertujuan agar oli bekerja lebih baik keseluruh bagian mesin. (Hondacengkareng.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.