oleh

Inilah 6 Waktu Mustajab Berdoa Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziah

PortalMadura.Com – Doa merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk berharap sesuatu kepada Allah SWT agar apa yang diinginkan terkabulkan. Berdoa bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Hal ini juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam.

Supaya doa dapat segera terkabulkan oleh Allah, maka Anda harus melakukannya ketika waktu-waktu yang mustajab. Nah, kapan waktu tersebut?. Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziah dalam kitabnya Terapi Penyakit Hati, ada waktu ijabah untuk berdoa.

Mari simak waktu mustajab yang mudah dikabulkan sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (10/2/2020) dari laman Republika.co.id:

Sepertiga Terakhir dari Malam Hari

Rasulullah bersabda: “Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia” (HR Bukhari dan Muslim).

Waktu Azan (dikumandangkan)

Berdoa ketika selesai azan berkumandang juga merupakan doa yang mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Jika seorang muslim rutin mendengarkan azan maka ia akan selalu mengingat waktu mustajab untuk berdoa. Seperti halnya sabda :

Rasulullah bersabda: “Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR Abu Daud).

Di antara Azan dan Iqomah

Rasulullah bersabda: “Sungguh berdoa antara azan dan iqomah tidak tertolak, maka pergunakanlah untuk berdoa” (HR Ahmad).

Setelah Salat Fardu

Dalam hadis disebutkan: “Ada seseorang yang pernah mendatangi rasulullah lalu bertanya, “Salat apa yang paling afdal?” “Salat di tengah malam”, jawab rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam . Lalu ditanya kembali, “Doa apa yang paling didengar?”, “Doa di dubur salat wajib” (HR. Ibnu Abi Ad-Dunya).

Baca Juga : Jangan Lewatkan, 2 Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat

Oleh karena itu, ketika selesai salat maka janganlah Anda terburu-buru untuk beranjak dari tempat salat. Duduklah sejenak dan berdoa supaya apa yang Anda inginkan tercapai atau terkabulkan oleh Allah SWT.

Waktu Imam Naik Mimbar Hingga Selesai Salat Pada Hari Itu

Dalam hadis disebutkan: “Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “ ’Abdullah bin ‘Umar bertanya padaku, ‘Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadis dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai waktu mustajabnya do’a di hari Jum’at?” Abu Burdah menjawab, “Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan salat Jumat” (HR Muslim).

Pada Jam-jam Terakhir Setelah Selesai Salat Asar

Dalam hadis disebutkan: “(Waktu siang) di hari Jumat ada 12 (jam). Jika seorang muslim memohon pada Allah ‘azza wa jalla sesuatu (di suatu waktu di hari Jumat) pasti Allah ‘azza wa jalla akan mengabulkannya. Carilah waktu tersebut yaitu di waktu-waktu akhir setelah ‘Ashar” (HR Abu Daud). Wallahu A’lam.

Rewriter : Azizah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar