Inilah 8 Adab Saat Sakit yang Dianjurkan Imam Al Ghazali

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 8 Adab Saat Sakit yang Dianjurkan Imam Al Ghazali
ilustrasi

PortalMadura.Com“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya” (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

Memiliki tubuh yang sehat memang merupakan suatu nikmat yang wajib disyukuri. Karena, betapa banyak orang yang lalai dan tertipu ketika diberi kenikmatan ini. Sayangnya, mereka hanya ingat Allah tatkala ditimpa penyakit, musibah, diuji dan diberi cobaan. Namun, ketika sehat mereka lalai untuk mensyukurinya.

Sebagaimana diterangkan dalam suatu hadis, bahwa ada dua nikmat yang seringkali dilalaikan oleh manusia. Rasulullah bersabda: ”Ada dua kenikmatan yang banyak manusia tertipu, yaitu nikmat sehat dan waktu senggang” (HR. Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas).

Mengenai hal ini, dalam kitab “al-Adab fid Dîn” Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali mencatat beberapa adab yang harus dilakukan oleh seseorang ketika menderita sakit.

Baca Juga 9 Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah

Berikut delapan yang dianjurkan oleh Imam Al Ghazali:

Memperbanyak ingat Kematian (al-iktsâr min dzikril maut)
Meski tidak selalu, sakit sering menjadi tanda seseorang akan menemui ajal. Inilah saat tepat si sakit menumbuhkan kesadaran bahwa kelak ia kembali ke hadirat-Nya dan karena itu kehidupan di dunia ini butuh persiapan yang matang.

Kendati demikian, ingat kematian sesungguhnya dianjurkan terjadi setiap saat, namun karena keterbatasan seseorang bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk hal itu seperti ketika ziarah atau sakit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.