Inilah 8 Keutamaan Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 8 Keutamaan Surat Al Hasyr Ayat 21-24 Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap ayat Al Qur’an memiliki keutamaan yang sangat menakjubkan. Salah satunya pada surat Al Hasyr ayat 2 sampai 24.

Surat ini tergolong surat Madaniyah yang terdiri atas 24 ayat. Surat Al Hasyr apabila diamalkan bisa mendatangkan kebaikan dan terhindar dari keburukan. Bahkan, surat ini mampu menyembuhkan dari segala macam penyakit.

Berikut delapan keutamaan surat Al Hasyr berdasarkan hadis yang disampaikan oleh Rasulullah:

Menjadi Obat Segala Penyakit, Kecuali Kematian
Sesungguhnya Al Qur’an adalah obat bagi setiap apa yang ada dalam dada. Itulah firman Allah yang telah kita ketahui bersama. Akan tetapi, sesungguhnya Al Qur’an bisa menjadi obat bagi apa yang ada pada tubuh kita.

Hal ini berdasarkan hadis dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: “Jibril pada saat itu menurunkan ayat Al Hasyr dia berkata padaku: Letakkan tanganmu di atas kepalamu. Karena sesungguhnya ayat ini adalah obat dari segala macam penyakit kecuali kematian,” (HR Khotib Al Baghdadi).

Terlindung dari Gangguan Jin
Bagi Anda yang sering diganggu makhluk halus ataupun merasa tidak nyaman dalam suatu tempat, cobalah untuk membaca surat Al Hasyr.

Dalam suatu riwayat, Abu Ayyub R.A, pernah memiliki pengering kurma, sehingga di rumahnya banyak buah kurma yang sedang dikeringkan. Keesokannya, kurma tersebut selalu berkurang jumlahnya dan hal itu membuat Abu Ayyub penasaran. Maka suatu malam, Abu Ayyub mendengar kedatangan seseorang dan langsung Abu Ayyub menanyai kedatangan orang tersebut.

Ternyata sosok yang datang tersebut adalah laki-laki dari golongan Jin yang telah kehabisan bekal dan sengaja mengambil kurma milik Abu Ayyub. Abu Ayyub pun menghalalkan kurma yang telah diambil oleh Jin tersebut dengan syarat, Jin tersebut harus memberitahukan doa atau bacaan yang ampuh untuk terlindung dari gangguan Jin.

Maka Jin pun berkata: “Doa yang paling utama untuk melindungi diri kalian dari gangguan kami adalah beberapa ayat yang terdapat dalam akhir surat Al Hasyr,” (HR Ibnu Marduwaih).

Allah Hapus Kesalahan yang Telah Dilakukan
Manusia tidak akan bisa luput dari dosa dan salah. Karenanya setiap insan harus terus memanjatkan permohonan agar setiap kesalahan bisa terhapus sebelum ia meninggal.

Dalam hal ini Rasulullah telah memberikan jawaban bagaimana untuk menghapus kesalahan yang telah dilakukan. Dari Anas R.A, Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca akhir surat Al Hasyr, kemudian ia meninggal pada siang atau malam harinya, maka Allah akan menghapus seluruh kesalahan-kesalahan yang telah ia lakukan,” (HR Ibnu Marduwaih).

Tercatat Sebagai Mati Syahid
Mati syahid merupakan mati yang diinginkan oleh setiap muslim. Karena dengan begitu, ia akan langsung masuk ke surga tanpa harus dihisab terlebih dahulu.

Dari Anas R.A, sesungguhnya Rasulullah memerintahkan kepada seorang laki-laki setiap dia hendak berbaring di tempat tidurnya untuk membaca Al Hasyr. Lalu beliau bersabda: “Apabila engkau mati, maka engkau mati sebagai syahid,” (HR Ibnu Sunni dan Ibnu Marduwaih).

Akan Dilindungi dengan 70.000 Malaikat Penjaga
Sebagai perlindungan, maka mohonlah kepada Allah lewat surat Al Hasyr. InsayaAllah akan terlindung dari gangguan Jin dan Setan.

Dari Abu Umamah R.A, Rasulullah bersabda: “Barang siapa yang meminta perlindungan kepada Allah dari gangguan Jin (dengan membaca Taawud) sebanyak tiga kali, kemudian ia membaca akhir surat Al Hasyr. Maka, Allah akan mengirim 70.000 malaikat untuk mengusir Setan dari golongan Jin dan manusia. Apabila ia membacanya di waktu malam, maka ia akan dijaga sampai pagi dan apabila ia membacanya di waktu pagi, maka ia akan dijaga sampai sore,” (HR Ibnu Marduwih).

Mendapat Jaminan Surga
Abu Umamah berkata, bahwa Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca penutup surat Al Hasyr pada waktu malam atau siang, kemudian ia mati pada waktu malam atau siang, maka wajib baginya masuk surga,” (HR Ibnu Addi, Khotib dan Baihaqi).

Termasuk Ismul A’dzom
Ismul A’dzom merupakan bacaan yang ditinggikan dan besar keutamaannya ketika didawamkan (diamalkan). Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah bersabda: “Ismul A’dzom terdapat dalam enam ayat terakhir dari surat Al Hasyr,” (HR Ad Dailami).

Dimohonkan Ampun Oleh Malaikat
Ketika seorang muslim mendawamkan (mengamalkan) surat Al Hasyr, maka otomatis Allah akan menugaskan 1.000 malaikat untuk memohon ampun atasnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah: “Barang siapa yang pada waktu pagi membaca: A’udzu billahisami’il ‘aliim minasyyaithonir rojim sebanyak 10 kali, maka Allah menugaskan 1.000 malaikat untuk mendoakannya hingga sore hari. Dan ketika membaca doa maka ia akan mendapatkan keutamaan sebagaimana ketika ia membacanya di waktu pagi,” (HR Ahmad, Darimi, dan Tirmidzi). (kabarmakkah.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.