Inilah 9 Daftar Negara Tersehat di Dunia

  • Bagikan
sehat
Ist.Net

PortalMadura.Com – Hidup sehat bukan hanya dipengaruhi oleh bagaimana cara atau gaya hidup, namun juga dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya. Lingkungan yang sehat akan memiliki masyarakat yang sehat pula.

Menciptakan lingkungan hidup yang sehat juga menjadi salah satu tanggung jawab negara. Misalnya dengan menyediakan beragam pelayanan kesehatan berkualitas, mengurangi polusi udara, menerapkan undang-undang dan kebijakan kesehatan, menyediakan berbagai program inovatif untuk memerangi penyakit dan meningkatkan kualitas hidup bagi warganya.

Berikut daftar negara yang dianggap memiliki kesehatan yang baik.

1. Monako

Monako adalah negara kota di tepi Côte d’Azur (French Riviera), Eropa. Penduduknya hanya 38,320, dan termasuk negara dengan angka harapan hidup ketiga tertinggi di dunia. Dari segi keamanan, Monako termasuk negara teraman, dengan jumlah polisi tertinggi per kapita. Negara ini punya pemandangan mengagumkan dan garis pantai yang cantik.

2. Jepang

Jumlah populasinya 127,3 juta. Angka harapan hidup di Jepang 84,74. Orang kerap menganggap Jepan sebagai salah satu negara tersehat di dunia. Tapi bukan itu saja yang menarik. 50.000 warga Jepang berusia lebih dari 100 tahun. Tingkat obesitas negara itu hanya 3,5%.

3. Islandia

Jumlah populasinya 330.000. Luas negara yang juga disebut Tanah Es itu 102.775 km2. Letaknya di sebelah barat laut Eropa, di bagian utara Samudra Atlantik. Angka harapan hidup di Islandia 82,97. Produk Domestik Bruto yang digunakan untuk sektor pelayanan kesehatan: 9,1%. Islandia adalah negara dengan penduduk paling tinggi di dunia. Tinggi rata-rata pria: sekitar 2,2 meter.

4. Swiss

Luas negara di pegunungan Alpen ini 41.285 km2. Jumlah warganya 8,02 juta. Angka harapan hidup 82,5. Dari produk domestik bruto 11.5% digunakan untuk membiayai sektor kesehatan. Swiss juga berada di puncak daftar negara paling bersih sedunia, menurut Forbes.

5. Luksemburg

Luksemburg adalah salah satu negara terkecil di Eropa, dan berbatasan dengan Perancis, Jerman, Belgia. Luasnya 2.586 km2, dan jumlah penduduknya 543.202 orang. Tingkat harapan hidup 82.17. Angka kematian anak di bawah lima tahun di negara ini adalah yang paling kecil sedunia. Menurut media online Business Insider, negara ini adalah yang terbaik di dunia.

6. Australia

Populasi Australia berjumlah 23,91 juta, dan tingkat harapan hidup di negara itu 82,15. Dari produk domestik brutonya 9,4% digunakan untuk sektor layanan kesehatan. Pengeluaran layanan kesehatan di Austia berjumlah $5.400 per kapita tiap tahunnya. Menurut World Happiness Report, Australia adalah negara ke sepuluh yang paling bahagia di dunia.

7. Swedia

Negara ini termasuk salah satu negara Skandinavia, dan berbentuk monarki. Luasnya 450.295 km2, dan jumlah populasinya 9,80 juta. Tingkat harapan hidup negara itu 81.98. Penduduk di Swedia juga hidup lebih lama dari kebanyakan orang, dengan angka harapan hidup saat lahir kira-kira 80 tahun. Dari produk domestik bruto, 9,7% digunakan untuk sektor layanan kesehatan.

8. Austria

Austria berada di tengah Eropa Barat, dan berbatasan dengan Jerman, Ceko, Slovenia, Italia, Slovakia, Hongaria, Swiss dan Liechtenstein. Luasnya 83.878,99 km², dan jumlah populasinya 8,47 juta. Menurut Index Sistem Perawatan kesehatan, Austria adalah negara ke enam terbaik di dunia.

9. Belanda

Belanda luasnya 42.508 km2, dan berpenduduk 16,84 juta. Tingkat harapan hidup 81,23. Secara geografis Belanda merupakan negara berpermukaan rendah, dengan kira-kira 20% wilayahnya, dan 21% populasinya tinggal di kawasan yang lebih rendah dari permukaan laut. 50% tanahnya kurang dari satu meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu nama negara itu Nederland (negeri-negeri berdaratan rendah).

(nationalgeographic/choir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.