oleh

Inilah 9 Kunci Pembuka Pintu Rezeki dalam Islam

PortalMadura.Com – Rezeki merupakan perkara yang sudah ditetapkan oleh Allah bahkan sebelum manusia terlahir ke dunia. Semua manusia sudah diatur rezekinya baik muslim maupun untuk non muslim. So, kenapa Anda musti resah akan rezeki.

Nah, untuk itu Anda tidak perlu bingung. Berikut ini beberapa kunci yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah membuka pintu rezeki.

Memperbanyak Istighfar
Istighfar adalah rintihan dan pengakuan dosa seorang hamba di depan Allah SWT agar berkenan melapangkan jiwa dan kehidupannya.

Sabda Nabi saw: “Barang siapa yang memperbanyak istighfar maka Allah SWT akan menghapus segala kedukaannya, menyelesaikan segala masalahnya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka,”(Riwayat Ahmad, Abu Daud, an-Nasa’i, Ibnu Majah dan al -Hakim dari Abdullah bin Abbas ra).

Bertakwa
Allah sangat mencintai hambaNya yang bertakwa. Orang yang bertakwa tidak akan pernah merasa susah karena Allahlah yang menjadi pelindung dan juga penolongnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surah Ath Thala:

“Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.”

Tawakal
Sebagai seorang hamba tentu sifat tawakal sangat diperlukan sebagai bentuk penyerahan diri hamba kepada Allah. Imam Al Qurthubi dalam Al Jami’ Akhamul Qur’an mengatakan “barang siapa menyerahkan urusannya kepada Allah niscaya Allah akan mencukupi apa yang dia inginkan”.

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Rasulullah s.a.w. berpesan agar siapa yang ingin panjang umur dan ditambahi rezekinya, harus berbakti kepada kedua orangtua dan menyambung tali kekeluargaan.

Bersyukur
Rasa syukur merupakan sifat yang disukai oleh Allah. Hakikat dari syukur adalah mengakui nikmat yang diberikan Allah dan menggunakan nikmat tersebut untuk beribadah kepadaNya.

Allah berfirman dalam surah Ibrahim: Allah berfirman “kalau seandainya kalian bersyukur, sungguh Kami akan menambah untuk kalian [nikmatKu] dan jika kalian mengingkarinya, sesungguhnya adzabKu sangat keras” (Qur’an Surah Ibrahim:7).

Perbanyak Shadaqah
Shadaqah atau sedekah bisa dilakukan dengan uang maupun makanan, diberikan kepada seorang yang membutuhkan. Hadits riwayat Abu Hurairah menjelaskan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta. Allah tidak akan menahan rezeki bagi orang yang gemar bersedekah. Hal itu berarti semakin banyak sedekah maka semakin sering pula Allah memberikan rezeki. Pada zaman rasulullah para sahabat berebut untuk sedekah karena mengetahui keutamaannya.

Menyambung Silaturahmi
Pembuka pintu rezeki selanjutnya adalah dengan menyambung silaturahmi kepada kerabat. Silaturahmi di sini bukan dalam arti berkunjung kepada teman atau tetangga, tapi saudara. Orang yang masih ada hubungan darahnya dengan kita.

Membiasakan diri silaturahmi bisa dilakukan sejak dini, bagi kita yang sudah berusia tua dan mempunyai anak mulai sekarang segera perkenalkan anak-anak kita kepada saudaranya. Dijelaskan dalam sebuah hadits shahih bahwa silaturahmi memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki.

Harus Berusaha
Sudah merupakan sunatullah sebagai seorang manusia yang ingin mendapatkan limpahan rejeki dari Allah harus berusaha dengan sebaik-baiknya. Seperti firman Allah dalam Surah Jumu’ah: Allah telah berfirman “kalau telah ditunaikan sholat jum’at maka bertebaranlah di muka bumi dan ingatlah Allah sebanyak-banyaknya agar kalian bahagia” (Qur’an Surah Jumu’ah:10).

Selalu Berdoa
Pembuka pintu rezeki yang terakhir adalah doa. Doa merupakan salah satu senjata seorang muslim untuk segala keperluan. Dengan berdoa Insya Allah seseorang akan mendapatkan apa yang diinginkan selama itu berupa hal kebaikan.

Demikian beberapa kunci pembuka pintu rezeki yang bisa kita lakukan jika ingin rezeki lancar. Namun, yang perlu diperhatikan bagi kita bahwa beramal ibadah sebaiknya tidak mengharap imbalan dunia semata, akan tetapi akhirat yang diutamakan. (fimadani.com/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.