Inilah Keistimewaan Salat Asar yang Wajib Umat Muslim Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Keistimewaan Salat Asar yang Wajib Umat Muslim Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim. Sayangnya, ada sebagian dari mereka yang sering melaksanakan ibadah wajib ini menjelang matahari terbenam atau masuk waktunya azan Magrib.

Maka dari itu, umat Islam perlu berhati-hati dalam memperlakukan salat Asar, karena salat di waktu ini memiliki banyak keistimewaan. Dalam beberapa ayat dan hadis Rasulullah dapat Anda temukan banyak perintah untuk menjaga salat Asar.

Sebagaimana firman Allah SWT: “Peliharalah semua salat(mu), dan (peliharalah) salat Wusta. Berdirilah untuk Allah (dalam salatmu) dengan khusyuk” (QS. Al-Baqarah : 238). Menurut pendapat yang paling tepat, yang dimaksud dengan “salat Wusta” dalam ayat di atas adalah salat Asar.

Hal ini berdasarkan hadis Rasulullah ketika terjadi perang Ahzab, yaitu: “Mereka (kaum kafir Quraisy, pent.) telah menyibukkan kita dari salat Wusta, (yaitu) salat Asar” (HR. Bukhari).

Selain itu, ternyata dahulunya salat Asar juga pernah diwajibkan atas umat sebelumnya, akan tetapi kewajiban tersebut disia-siakan: “Sesungguhnya salat ini (salat Asar) pernah diwajibkan kepada umat sebelum kalian, namun mereka menyia-nyiakannya. Barangsiapa yang menjaga salat ini, maka baginya pahala dua kali lipat. Dan tidak ada salat setelahnya sampai terbitnya syahid (yaitu bintang)” (HR. Muslim).

Perlu umat muslim ketahui, bahwa salat Asar menjadi istimewa karena orang-orang yang mengerjakannya insya Allah akan terhindar dari memasuki neraka: “Tidak akan masuk neraka seorang pun yang mengerjakan salat sebelum matahari terbit (yakni salat subuh, pent.) dan sebelum matahari terbenam (yakni salat Asar, pent.)” (HR. Muslim).

Sebaliknya, orang-orang yang meninggalkan salat Asar maka akan terhapus amalan yang dilakukannya: “Barangsiapa yang meninggalkan salat Asar, maka terhapuslah amalannya” (HR. Bukhari).

Bahkan, Rasulullah dalam hadis lainnya menjelaskan bahwa orang yang tidak mengerjakan salat Asar seperti seseorang yang kehilangan harta dan keluarganya.

“Orang yang terlewat (tidak mengerjakan) salat Asar, seolah-olah dia telah kehilangan keluarga dan hartanya” (HR. Bukhari Muslim).

Lantas bagaimana dengan salat Asar yang Anda kerjakan?. Apakah Anda sudah berhasil melakukannya tepat waktu dan memenuhi segala rukunnya dengan baik?. Ataukah Anda masih sering mengabaikan salat Asar karena merasa mengantuk, malas, dan pekerjaan sedang sangat tanggung?. Semoga saja Anda termasuk umat muslim yang tidak pernah meninggalkan salat lima waktu, termasuk salat Asar. Aamiiin. Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.