Inilah Keutamaan Azan dan Muazin yang Sangat Menakjubkan

Inilah Keutamaan Azan dan Muazin yang Sangat Menakjubkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu syiar Islam yang sering didengarkan umat muslim setiap hari, yaitu suara azan. Perlu diketahui, bahwa seseorang yang mengumandangkan azan disebut muazin.

Untuk itu sebagai orang yang beriman, sudah selayaknya Anda menghormati, mengagungkan, dan memerhatikan azan karena pada hakikatnya azan merupakan panggilan Allah SWT agar Anda segera mendatangi rumah-Nya untuk melaksanakan ibadah salat.

Azan dalam ajaran Islam memiliki keutamaan yang menunjukkan bahwa azan merupakan sesuatu yang harus Anda agungkan, bukan malah merendahkannya.

Berikut ini tiga :

Kalimat-kalimat yang Ada di Dalam Azan adalah Abadi
Tidak akan ada yang berani mengubah kalimatnya sampai kapan pun. Kalaupun ada yang berani merubahnya, pastilah tidak akan bertahan lama dan pasti orang-orang yang beriman akan melakukan amar makruf nahi mungkar dengan tangannya, lisan, dan hatinya.

Baca Juga

Mengandung Pahala yang Besar
“Seandainya orang-orang mengetahui pahala yang terkandung pada azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian” (HR Bukhari dan Muslim).

Mengusir Setan
“Apabila azan untuk salat dikumandangkan, setan melarikan diri terkentut-kentut sampai tidak mendengar azan” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain itu, bagi orang yang mengumandangkannya (muazin) pun akan meraih kebaikan dan keutamaan. Berikut ini ulasannya:

Mendapatkan Ampunan Allah SWT dan Dibangga-banggakan Oleh-Nya
“Tuhanmu takjub kepada seorang penggembala domba di puncak bukit gunung, dia mengumandangkan azan untuk salat lalu dia salat. Maka Allah SWT berfirman, ‘Lihatlah hamba-Ku ini, dia mengumandangkan azan dan beriqamat untuk salat, dia takut kepada-Ku. Aku telah mengampuni hamba-Ku dan memasukkannya ke dalam surga” (HR Abu Dawud dan an-Nasa’i).

Menjadi Orang yang Dipercaya Allah SWT
“Imam adalah penjamin dan muazin adalah orang yang dipercaya” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Mendapat Doa dari Rasulullah
“Semoga Allah meluruskan para imam dan mengampuni para muazin” (HR Ibnu Hibban).

Jalan Meraih Surga
“Kami pernah bersama Rasulullah, lalu Bilal berdiri mengumandangkan azan. Ketika selesai, Rasulullah bersabda: ‘Barang siapa mengucapkan seperti ini dengan yakin, niscaya dia masuk surga’,” (HR an-Nasa’i).

Subhanallah, betapa besar keutamaan azan dan muazin. Maka dari itu, bila ada seorang Muslim yang merendahkan kedudukan azan dan muazin, sudah selayaknya banyak beristighfar, bertobat, dan segera pelajari ihwal Islam, termasuk terkait azan agar tidak tenggelam dalam kekeliruan. Wallahu A’lam. (republika.co.id/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.