Inilah Pahala Bagi Orang Baca Alquran Terbata-bata

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Pahala Bagi Orang Baca Alquran Terbata-bata
Ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com – Membaca Alquran menjadi salah satu ibadah yang akan mendatangkan pahala dan juga keberkahan. Bahkan, Allah SWT memberikan keutamaan bagi hamba-Nya yang membaca Alquran tersebut.

Tidak hanya bagi yang sudah fasih, seorang hamba yang terbata-bata pun diberikan pahala. Sebagaimana dalam sebuah hadis yang dilansir PortalMadura.Com, Jumat (28/2/2020) dari laman Republika.co.id disebutkan:

عَن عَائِشَةَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَتُ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم الَماهر باِلقُرانِ مَعَ السَفَرَةَ الكِرَامِ الَبَرَرَةِ وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران (رواه البخارى ومسلم وابو داوود والترمذى وابن ماجه).

Artinya: Dari Aisyah r.h.a berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang ahli dalam Alquran akan berada bersama malaikat pencatat yang mulia lagi benar, dan orang terbata-bata membaca Alquran sedang ia bersusah payah (mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud).

Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandahlawi dalam kitabnya yang berjudul Fadhilah Amal menerangkan, maksud orang yang ahli dalam Alquran adalah orang yang hafal Alquran dan senantiasa membacanya, apalagi jika memahami arti dan maksudnya.

Sedangkan yang dimaksud ‘bersama-sama malaikat’ adalah, ia termasuk golongan yang memindahkan Alquran al-Karim dan Lauh Mahfuzh, karena ia menyampaikannya kepada orang lain melalui bacaannya.

“Dengan demikian, keduanya memiliki pekerjaan yang sama. Atau bisa juga berarti, ia akan bersama para malaikat pada hari Mahsyar kelak,” kata Maulana Zakariyya.

Sementara, orang yang terbata-bata membaca Alquran akan memperoleh pahala dua kali; satu pahala karena bacaannya, satu lagi karena kesungguhannya mempelajari Alquran berkali-kali. Tetapi bukan berarti pahalanya melebihi pahala orang yang ahli Alquran.

Orang yang ahli Alquran tentu saja memperoleh derajat yang istimewa, yaitu bersama malaikat khusus. Maksud yang sebenarnya adalah, bahwa dengan bersusah payah mempelajari Alquran akan menghasikan pahala ganda.

Baca Juga : Keistimewaan Rutin Baca Alquran dalam Kehidupan

“Oleh karena itu, kita jangan meninggalkan baca Alquran, walaupun mengalami kesulitan dalam membacanya,” kata Maulana Zakariyya.

Demikian pahala bagi orang yang membaca Alquran meskipun dalam bacaannya terbata-bata. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.