Isra Mikraj, Bupati Sumenep Ingatkan Dakwah Bukan Untuk Menghina

Avatar of PortalMadura.com
Isra Mikraj, Bupati Sumenep Ingatkan Dakwah Bukan Untuk Menghina
Bupati Sumenep A Busyro Karim

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, memperingati , Rabu (3/4/2019) malam.

Bertempat di depan Masjid Jamik Keraton Sumenep, Jl. Trunojoyo, dihadiri ribuan umat muslim dari berbagai daerah dan grup hadrah Syubbanul Muslimin dari Probolinggo.

Dua penceramah kondang asal Jakarta dihadirkan, yakni Ustaz Yusuf Mansur dan Habib Ahmad Novel Salim Jindan.

Pada kesempatan tersebut, , A. Busyro Karim mengharapkan, dakwah yang dilakukan di berbagai daerah, khususnya Sumenep adalah dakwah yang benar-benar memberikan kesejukan kepada masyarakat, bukan dakwah menghina.

“Dakwah yang mendidik, bukan dakwah yang membidik. Dakwah yang mengobati, bukan dakwah yang melukai umat,” kata Busyro.

Tidak hanya itu, pengasuh Pondok Pesantren Al-Karimiyyah ini juga menegaskan, dakwah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah dakwah mengukuhkan bukan meruntuhkan kekuatan.

Dakwah itu memaafkan bukan saling memaki. Dakwah Rasulullah, selalu mengajak untuk kebaikan, bukan dakwah yang mengejek.

“Ini yang dicontohkan Rasulullah. Dakwah itu untuk mengajar, bukan yang menghajar. Dakwah menasehati, bukan yang mencaci maki. Dakwah yang ingin selalu merangkul semua kekuatan, bukan dakwah yang memukul kekuatan,” Busyro kembali menegaskan.

Politisi PKB ini mencontohkan keberadaan Sumenep yang besar dan kuat karena dari perbedaan yang penuh kerukunan, seperti adanya Keraton Sumenep dan Masjid Jamik Sumenep.

“Di sebelah timur keraton, adalah banyak dihuni keturunan Arab. Sebelah barat keraton mayoritas orang China. Bahkan, di depan pendopo keraton dihuni orang Madura,” jelasnya.

Hal tersebut merupakan bukti, bahwa Sumenep sudah berbuat sejak dari dulu dan merangkul semua kekuatan, bukan untuk menghabisi kekuatan bangsa.

“Aset terbesar Sumenep itu bukan migas atau sumber daya alamnya, tapi aset terbesar adalah kebersamaan dan persatuan,” tandas Busyro.

Pada peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW tersebut, juga dihadiri para tokoh agama di Sumenep, pejabat dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

https://www.instagram.com/p/BvzFeVgAEFZ/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.