Jangan Asal, Ini 4 Cara Bersihkan Ban Motor yang Benar

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Asal, Ini 4 Cara Bersihkan Ban Motor yang Benar
Ilustrasi (Deltalube)

PortalMadura.Com – Saat mempunyai waktu senggang, pemilik motor biasanya mencucinya agar kendaraan terlihat kinclong dan bersih. Bahan yang umumnya digunakan yaitu sabun. Tapi yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan sembarangan membersihkan .

Apalagi memberikan sabun langsung kepada permukaan ban. Efeknya akan membuat ban kaku dan keras. Hal itu tentu bisa mengurangi daya cengkeram ban saat digunakan di jalan, sehingga kemungkinan terjadi selip atau tergelincir.

Selain itu, ban yang keras akan mudah tergerus aspal. Usia dari ban juga otomatis semakin pendek, bila biasanya bisa dipakai selama 1,5 tahun mungkin akan berumur kurang dari setahun.

Cara Membersihkan Ban Motor Yang benar

Lantas, bagaimana cara membersihkan ban motor yang benar?.

Berikut ini beberapa tips  cara membersihkan ban motor yang benar agar tetap awet dan bersih:

1. Gunakan Air

Air menjadi elemen penting dalam membersihkan ban motor. Gunakan air bersih untuk membersihkan ban motor anda sehingga ban motor bisa terjaga dari kotoran.

Dan usahakan anda memiliki selang air  yang bisa mengatur tekanan dan daya semprot, sehingga kotoran–kotoran yang berada di sela–sela ulir ban yang sempit bisa terjamah dan bersih kembali.

Setelah mencuci dengan air, pemilik bisa mengeringkan ban secara manual dengan menggunakan lap.

Dan pastikan jangan menaruh yang baru dibersihkan di bawah sinar matahari, karena hal ini akan membuat ban motor keras.

2. Sikat Sampai Bersih

Selain menyiramkan air, menggunakan sikat juga diperbolehkan. Hal ini akan membantu menjangkau kotoran–kotoran dan kerikil kecil di sela–sela ulir ban motor.

3. Minuman Bersoda

Caranya mudah, pemilik hanya cukup menguaskan minuman bersoda ke seluruh permukaan ban hingga nantinya kering dengan sendirinya. Hal ini bisa membuat ban motor kembali hitam seperti sedia kala.

4. Silicon

Selain menggunakan minuman bersoda, pemilik bisa menggunakan silicon murni. Barang ini bisa didapatkan di toko perlengkapan bahan kimia.

Baca Juga : Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Ganti Ban Motor

Kalau menggunakan silicon, sudah pasti hasilnya akan lebih bagus, karena silicon akan memberikan kelembaban yang pas di ban motor sehingga ban motor akan berfungsi dengan baik.

Itulah 4 tips membersihkan ban otor yamg tepat agar senantiasa bersih dan juga ban motor.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.