Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Masker Tepung Beras

Rewriter: Desy WulandariRujukan: Popmama.com
Jangan Berlebihan, Ini 5 Efek Samping Masker Tepung Beras
Ilustrasi (liputan6.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Salah satu masker wajah yang banyak digunakan untuk perawatan kulit karena mengandung banyak manfaat yaitu tepung beras. Menjadi salah satu bahan untuk membuat berbagai jenis makanan, ternyata tepung beras juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kulit.

Namun, penggunaan masker tepung beras tidak boleh berlebihan karena juga bisa berefek buruk. Lantas, apa saja efek samping dari masker tepung beras? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari healthline.com, berikut ini penjelasannya:

Kulit Terlihat Kusam

Sesaat setelah menggunakan masker tepung beras, mungkin Anda akan merasa bahwa kulit menjadi lebih kasar. Hal ini dikarenakan tepung beras dapat membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah dan tidak terangkat pada saat membilas masker dari wajah.

Jika mengalami hal ini, Anda bisa menghentikan pemakaian masker lalu lakukan eksfoliasi untuk mengangkat kotoran yang membuat kulit wajah tampak kusam.

Kulit Semakin Berminyak

Untuk Anda yang memiliki kulit berminyak mungkin akan menjadikan masker tepung beras sebagai solusi untuk membuat minyak berhenti.

Baca Juga:  Hilangkan Komedo dengan 7 Bahan Alami Ini

Namun, penggunaan masker tepung beras juga dapat membuat wajah semakin berminyak.

Hal ini dikarenakan penggunaan masker tepung beras memicu kulit untuk terus melakukan produksi minyak alami sehingga akan ada lebih banyak minyak pada kulit.

Memicu Munculnya Jerawat

Karena kulit akan semakin berminyak, tentunya akan sangat memungkinkan jika jerawat akan muncul di wajah. Seperti yang diketahui bahwa jerawat dapat timbul pada kulit yang berminyak dan tidak dapat menutup kemungkinan jerawat akan muncul.

Terlebih lagi jika Anda tidak membersihkan masker wajah dengan benar, maka butiran-butiran tepung akan tertinggal pada kulit.

Muncul Komedo

Komedo bisa muncul pada wajah karena beberapa hal, salah satunya adalah tidak membersihkan wajah setelah menggunakan masker dengan benar. Tepung beras terdiri atas butiran halus yang dapat masuk ke pori-pori.

Untuk menghindari hal ini, pastikan agar Anda selalu membilas wajah dengan bersih setelah menggunakan masker.

Baca Juga:  Ternyata Ini 5 Hal Penyebab Rambut Berubah Warna dan Tekstur

Membuat Kulit Menjadi Iritasi

Diketahui bahwa menggunakan masker tepung beras dapat membuat kulit menjadi lebih bersih dan cerah, hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam tepung beras dapat mengangkat sel kulit mati dan menipiskan kulit.

Karena hal itu, kulit dapat menjadi lebih sensitif dan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi. Waspadai hal ini jika Anda tidak ingin mengalami iritasi yang lebih parah.

Nah, itulah beberapa efek samping yang dapat terjadi apabila menggunakan masker dari bahan tepung beras. Tidak semua orang akan mengalami hal ini, tetapi Anda perlu selalu waspada untuk mencegah kerusakan pada kulit.

Selalu gunakan perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan ya!


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.