Jangan Bikin Anak Gaptek, Ini Pentingnya Jadi Ortu Bijak di Era Milenial

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Bikin Anak Gaptek, Ini Pentingnya Jadi Ortu Bijak di Era Milenial
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang tua di zaman sekarang ini banyak yang dihantui dengan perasaan cemas dan takut terhadap perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Mereka beranggapan bahwa, adanya internet hanya bikin anak-anaknya kecanduan main gadget. Dengan kata lain, mereka lebih fokus bermain handphone daripada pendidikannya. Akibatnya, ia malas belajar.

Tidak heran, ada sebagian Orang Tua (Ortu) yang menutup diri dengan cara tidak memperbolehkan anaknya memakai handphone. Namun, benarkah tindakan tersebut?. Sedangkan anak-anak lahir di ?.

Menurut dr. Aisyah Dahlan dalam materi kajian mengenai menjadi di era milenial mengingatkan para orang tua untuk lebih positif terhadap penggunaan internet.

“Jangan selalu berpikir negatif tentang internet dan kemajuan digital, banyak orang tua paranoid terhadap perkembangan zaman,” ungkapnya.

Faktanya, anak-anak bisa lebih mudah belajar, menghafal Alquran, membaca buku dan banyak hal dengan memanfaatkan internet dan gadget-nya.

Tidak mengapa menghindarkan anak dari gadget sampai usianya 2 tahun, karena pada usia dini memang perkembangan otak mereka belum baik diperkenalkan Android dan tayangan 2 dimensi lainnya. Namun, setelah usia tersebut orang tua bisa tinggal membatasi durasi pemakaiannya saja. Misalnya bermain game hanya boleh 30 menit. Menonton hanya boleh 30 menit, dsb.

Orang tua perlu bijak dalam bersikap, tidak semua hal di internet itu buruk, tidak semua game di hp itu buruk. Karena, masih banyak tayangan yang bermanfaat, game yang bermanfaat, akan tetapi karena orang tua terlalu parno alias paranoid terhadap perkembangan digital. Akhirnya anak dibuat steril dari internet.

Ujung-ujungnya, anak tidak mengerti apa itu sosial media, bagaimana cara menggunakan internet dengan benar, sedangkan ia hidup di era digital di mana segala data bisa diperoleh dari ujung jari?.

Jadi, sebagai orang tua, Anda perlu paham bahwa era hidup anak-anak Anda kelak akan jauh berbeda dari diri Anda. Jangan membanding-bandingkan.

“Dulu ayah dan ibu bisa hidup dengan baik tanpa internet, bisa jadi juara umum tanpa punya hp… ” kalimat seperti ini tidaklah bijak.

Apakah Anda tahu seberapa besarnya perubahan era milenial saat ini?. Bagaimana jika putra putri Anda menjadi Gagap Teknologi () hanya karena kurang bijaknya sikap Anda terhadap perkembangan zaman dan melarang mereka 100% untuk tidak menyentuh internet berikut gadgetnya?.

Bersikaplah adil, menempatkan sesuatu sesuai porsinya. Semoga Anda meninggalkan generasi yang kuat dan mampu menjadi teladan terbaik di zamannya kelak. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.