oleh

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Biji Nangka untuk Wajah Rambut

PortalMadura.Com – Buah nangka merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena aromanya kuat dan rasanya yang manis. Selain itu, kaya akan protein dan nutrisi seperti vitamin B dan kalium.

Namun ternyata, tidak hanya buah nangka yang bermanfaat bagi tubuh, tapi juga bijinya. Mempunyai beberapa kandungan, seperti thiamin dan riboflavin yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan juga rambut.

Oleh karena itu, mulai saat ini jangan buang biji buah nangka. Karena ada beberapa manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Penasaran, apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut penjelasannya:

Menghambat Munculnya Kerutan pada Kulit

Biji nangka dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk memperbaiki tekstur kulit dan memudarkan kerutan yang ada pada kulit wajah. Karena biji nangka juga mengandung vitamin C, maka kulit akan terlindungi dari radikal bebas.

Untuk memperbaiki tekstur kulit, cukup haluskan biji nangka dan campurkan dengan susu dingin kemudian di oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata.

Baru setelahnya dibilas dengan menggunakan air hangat, gunakan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencegah Penuaan Dini

Jika memikirkan tentang penuaan dapat membuat kebanyakan orang menjadi gelisah, namun tanda-tanda penuaan bisa diperlambat dengan beberapa cara salah satunya dengan menggunakan biji nangka.

Karena biji nangka memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, maka biji nangka dapat melawan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini.

Selain dapat menghilangkan kerutan halus, biji nangka juga dapat menghilangkan tanda penuaan lainnya seperti bintik-bintik hitam dan juga lingkaran hitam di sekitar mata.

Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Kulit wajah merupakan salah satu organ tubuh yang dapat memperlihatkan efek dari segala hal yang dikonsumsi atau perawatan pada kulit. Seperti misalnya jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, maka akan muncul jerawat pada kulit wajah.

Biji nangka dapat mendetoksifikasi tubuh dan memperbaiki warna kulit dengan menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada di kulit wajah. Selain itu, biji nangka juga dapat melembapkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Mendapatkan nutrisi dan vitamin D dari matahari tentunya sangat penting untuk kesehatan tubuh. Namun, jika terlalu banyak terkena sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit terbakar dan keriput yang tidak sehat untuk kulit.

Biji nangka mampu memberikan perlindungan dan perawatan dari dalam untuk mengatasi kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Baik dikonsumsi atau dengan menjadikannya sebagai masker, kulit akan membaik secara perlahan jika perawatan dilakukan dengan konsisten.

Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok dan rambut yang menipis, maka biji nangka dapat menjadi solusi yang tepat. Biji nangka mengandung vitamin A yang memiliki manfaat berupa mencegah rambut menjadi patah karena rapuh.

Protein tinggi yang ada di dalam biji nangka juga dapat meningkatkan kesehatan pada rambut. Zat besi yang ada dalam biji nangka dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga hal ini dapat memberikan dampak yang besar pada pertumbuhan rambut seperti mengurangi rambut yang rontok.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa didapatkan dari biji nangka. Ternyata tidak hanya buahnya saja yang nikmat dan memiliki segudang manfaat, biji yang ada di dalamnya juga tidak kalah dalam memberikan manfaat baik untuk kulit wajah dan juga rambut.

Jadi, apakah Anda mau mencoba untuk melakukan perawatan dengan menggunakan biji nangka?

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar