oleh

Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan Anda

PortalMadura.Com – Omega-3 adalah sejenis minyak sehat atau lemak tak jenuh yang banyak terdapat pada makanan laut, seperti ikan tuna, salmon, tongkol, dan sarden. Omega-3 sangat dikenal sebagai salah satu nutrisi penting yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (7/4/2021), berikut manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh:

Selamat Ibadah Puasa

Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Asupan omega-3 yang cukup diketahui baik untuk memelihara fungsi otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Memelihara Kesehatan Mata

Kurangnya asupan DHA dapat menyebabkan berbagai gangguan mata dan penyakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula. Oleh karena itu, Anda perlu rutin mencukupi asupan omega-3 untuk memelihara fungsi dan kesehatan mata.

Menguatkan Tulang Dan Sendi

Omega-3 dapat meningkatkan kekuatan tulang. Dengan demikian, omega-3 dapat mencegah risiko terjadinya osteoporosis. Selain itu, omega-3 yang memilik efek antiradang juga baik untuk mencegah dan mengatasi nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis.

Menjaga Kesehatan Mental

Selain baik untuk kesehatan otak, nutrisi omega-3 juga baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan mental. Mendapatkan asupan omega-3 memiliki risiko lebih rendah terkena gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas.

Menjaga Kesehatan Jantung

Omega-3 yang diperoleh dari makanan atau suplemen dapat menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh. Efek ini membuat omega-3 baik untuk mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol. Dengan mengonsumsi omega-3 secara rutin, aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar dan efek ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Menurunkan Risiko Kanker
Omega-3 memiliki sifat antiradang dan antikanker. Omega-3 dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker pankreas, dan kanker payudara.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar