oleh

Jangan Disepelekan! Kenali Penyebab Gagal Ginjal

PortalMadura.Com – Gagal ginjal merupakan urutan penyakit keempat yang tidak menular akan tetapi bisa dibilang penyakit yang biayanya termahal di dunia setelah jantung, kanker dan stroke. Penyakit ini bisa Anda cegah, meskipun angka kematiannya tinggi.

Seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum PB PERNEFRI, dr. Aida Lydia, PhD, Sp. PD-KGH, dilansir dari Okezone.com, Jumat (13/3/2020), mengungkapkan beberapa faktor risiko yang membuat seseorang berpotensi terkena penyakit gagal ginjal. Adapun risiko tersebut terbagi atas faktor yang bisa dikendalikan dan tidak bisa dikendalikan.

“Berikut faktor yang bisa dikendalikan misalnya, diet berlebih, merokok, konsumsi alkohol berlebih, kurang berolahraga, kegemukan (obesitas), stres, dan beberapa penyakit pembawa sebelumnya seperti diabetes, dan hipertensi,” terang dr. Aida.

Adapun faktor penyebab yang tidak bisa dikendalikan adalah seperti faktor usia dan faktor genetika. Mayoritas masyarakat Indonesia mengalami gagal ginjal dan harus melakukan hemodialisa (cuci darah) pada rentang usia 45-64 tahun.

Baca Juga : 3 Khasiat Luar Biasa Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

“Maka sebab itu, sebelum jatuh sakit ada baiknya Anda mengenali apakah ada faktor risiko mengalami gangguan ginjal atau tidak. Gaya hidup serta pola makan tinggi garam atau tinggi gula juga memiliki dampak terhadap penyakit tersebut,” tuntasnya.

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE