Jangan Khawatir, Allah Kabulkan Doa Hambanya dengan 3 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Khawatir, Allah Kabulkan Doa Hambanya dengan 3 Cara Ini
Ilustrasi (Okezone Muslim)

PortalMadura.Com merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menenangkan hati dan pikiran. Sehingga aktivitas yang dilakukan seharian berjalan lancar.

Allah SWT akan mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan, meskipun dikabulkannya dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini ada dalam firman Allah dalam Q.S Al-Baqarah ayat 186: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.

Firman Allah dalam Q.S Al-Mu'min ayat 60 : “Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina'.”

Namun Allah SWT menjawab atau mengabulkan doa setiap hamba-Nya dengan cara yang terbaik, serta waktu yang tepat.

Berdasarkan hadis ada tiga cara Allah SWT mengabulkan doa hamba-Nya. Dari Abu Sa'id Radhiallahu ‘Anhu berkata bahwa Rasullullah bersabda: “Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi (antar kerabat) melainkan Allah akan beri padanya tiga hal: Allah akan segera mengabulkan do'anya, Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal”.

Para sahabat lantas mengatakan, “Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa”. Rasulullah lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad).

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut beberapa cara Allah SWT mengabulkan doa hambanya.

Allah SWT Mempercepat Permintaannya

Cara yang pertama ini Allah SWT mengabulkan langsung doa yang telah dipanjatkan. Misalnya Anda memohon ingin umroh namun uangnya belum cukup, lalu tanpa disangka Anda mendapatkan hadiah umroh gratis. Itu cara Allah SWT mengabulkan doa tersebut dengan memberikan jalan di luar dugaan.

Allah SWT Menyimpan Doa Tersebut untuk di Akhirat

Ketika meminta sesuatu namun Allah SWT tidak mengabulkan, maka hendaklah Anda ikhlas dan husnudzon kepada Allah SWT. Doa yang telah dipanjatkan, namun tidak terkabul-kabul, oleh Allah SWT disimpan dan ditaruh untuk di akhirat kelak.

Menggantikan Doa Tersebut dengan yang Lebih Baik

Sesuatu yang menurut manusia baik, belum tentu baik di mata Allah. Makanya Allah terkadang tidak memberi karena yang Anda minta tidak menjadi kebaikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.