oleh

Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Pakai Skincare Malam

PortalMadura.Com – Menggunakan skincare malam bisa memaksimalkan kondisi kulit pada saat bangun tidur. Sehingga hal ini menjadi penting, agar saat pagi hari wajah tidak kusam. Apalagi menggunakan skincare sebelum tidur akan membantu proses perawatan kulit.

Namun tahukah Anda, ternyata ada banyak kesalahan yang dilakukan saat menggunakan skincare malam. Dan hal itu justru jarang disadari penggunanya. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini penjelasannya:

Tidak Mencuci Muka Sebelum Menggunakan Skincare

Kesalahan paling umum yang seringkali dilakukan adalah tidak mencuci muka sebelum melakukan rutinitas skincare pada malam hari. Setelah melakukan kegiatan selama seharian, pastinya akan ada kotoran yang menempel pada wajah.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mencuci muka sebelum tidur bahkan sebelum melakukan rutinitas skincare di malam hari.

Mencuci muka akan menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel sepanjang hari, jika tidak dibersihkan maka resiko munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya akan semakin besar.

Mengabaikan Penggunaan Retinoid

Sebagian besar dokter kulit akan menyarankan penggunaan retinoid atau retinol dalam rangkaian skincare di malam hari.

Turunan dari vitamin A ini dapat meningkatkan produksi kolagen untuk melawan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan.

Pada saat penggunaan retinoid di malam hari membuat kulit Anda menjadi sedikit kemerahan, bukan berarti Anda berhenti menggunakan retinoid.

Jika Memang mengalami hal tersebut, maka hentikan penggunaan selama beberapa malam dan setelah kulit tenang maka lanjutkan penggunaannya.

Tidak Memakai Retinoid Secara Rutin

Berbicara tentang retinoid, mungkin akan sulit menggunakannya dengan konsisten karena efek yang diberikannya tidak langsung terlihat. Pada kenyataannya, hasil anti-penuaan yang diberikan oleh retinoid dapat muncul sepenuhnya setelah kurang lebih 6 bulan pemakaian.

Gunakan retinoid pada area T zone yang mana biasanya seringkali menjadi area munculnya tanda-tanda penuaan. Selain itu, gunakan retinoid sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu untuk menghindari eksfoliasi secara berlebihan.

Menggunakan Skincare dengan Kandungan Vitamin C

Kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C memang sangatlah penting untuk menetralkan radikal bebas yang ada pada kulit. Namun, kandungan ini akan bekerja sepenuhnya pada saat siang hari sehingga tidak disarankan untuk memasukkannya ke dalam rangkaian skincare di malam hari.

Untuk skincare di malam hari, gunakan serum dengan kandungan resveratrol di dalamnya untuk memberikan perlindungan secara menyeluruh di malam hari. Kandungan ini juga merupakan antioksidan yang bekerja secara maksimal di malam hari.

Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Meskipun penggunaan skincare pada malam hari merupakan hal yang sangat penting, bukan berarti Anda bersikap terlalu antusias untuk melakukan berbagai perawatan di malam hari. Seperti melakukan eksfoliasi secara terus menerus karena percaya bahwa dengan melakukan eksfoliasi akan mengangkat sel kulit mati.

Jangan melakukan eksfoliasi terlalu sering terutama jika Andasudah menggunakan retinoid sebelumnya. Menggabungkan retinoid dengan scrub dapat meningkatkan kemungkinan kulit mengalami iritasi.

Nah, itulah lima kesalahan yang seringkali di lakukan tanpa disadari pada saat melakukan rutinitas skincare di malam hari.

Bukannya membuat kulit menjadi lebih sehat, kesalahan ini dapat mengurangi kinerja skincare lainnya dan memperlambat regenerasi kulit. Jangan dilakukan ya!

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar