Jangan Lewatkan, Manfaat Lengkuas Yang Baik Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Lewatkan, Manfaat Lengkuas Yang Baik Untuk Kesehatan
Ilustrasi (sehatq.com)

PortalMadura.Com – Di Indonesia kerap dijadikan sebagai bumbu makanan. Rempah yang sekilas mirip dengan jahe ini tidak hanya mampu menyedapkan rasa makanan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Lengkuas telah dijadikan tanaman obat untuk mengatasi atau mencegah berbagai macam penyakit. Khasiat lengkuas sebagai obat tradisional tidak diragukan lagi, karena rempah ini diketahui mengandung banyak senyawa penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (23/4/2021), berikut manfaat lengkuas untuk kesehatan:

Meredakan

ama halnya dengan jahe dan kunyit, lengkuas mengandung senyawa kimia antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi. Mengonsonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari dapat meredakan nyeri lutut yang muncul saat berdiri.

Meningkatkan

Konsumsi lengkuas diyakini dapat meningkatkan kesuburan pria. Mengonsumsi suplemen yang mengandung lengkuas dapat membantu meningkatan kualitas sperma.

Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Konsumsi lengkuas juga diyakini dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Manfaat ini mungkin diperoleh berkat kandungan antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kandungan minyak asiri dalam lengkuas diyakini dapat mengatasi gangguan pernapasan yang dialami anak, seperti rhinitis, bronkitis, batuk rejan, dan infeksi tenggorokan.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Kandungan galangin pada lengkuas terbukti mampu membunuh sel kanker atau mencegah sel kanker menyebar, khususnya kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker kulit. Kandungan antioksidan dalam lengkuas juga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada jaringan tubuh dan memicu berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker.

Membunuh Perkembangan Virus dan Bakteri

Kandungan galangin dalam lengkuas berpotensi menghambat perkembangan virus Corona. Selain itu, ekstrak lengkuas juga terbukti mampu membunuh bakteri penyebab berbagai macam penyakit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.