Jangan Lupa Nabung, Ini Manfaat yang Akan Dapatkan Saat Liburan

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Lupa Nabung, Ini Manfaat yang Akan Dapatkan Saat Liburan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Di penghujung akhir tahun 2017 ini, sudahkah Anda punya rencana untuk berkunjung ke suatu tempat?. Jika iya, apakah Anda sudah mempersiapkan segalanya?.

Salah satu hal yang perlu di rencanakan adalah keuangan. Sebab, melakukan perjalanan itu tentu tidak terlepas dari biaya yang akan dikeluarkan. Agar Anda nanti tidak kekurangan uang, alangkah lebih baiknya jika Anda menyiapkan tabungan terlebih dahulu. Jumlahnya tergantung pada destinasi liburan.

Perlu Anda ketahui, ada banyak manfaat yang akan didapatkan dengan . Berikut penjelasannya:

Terhindar dari Sikap Konsumtif
Mungkin sebagian dari Anda bersikap konsumtif beberapa bulan terakhir. Itu karena Anda belum memiliki tujuan di akhir tahun, sehingga sikap ini tidak bisa dihindarkan.

Jika sudah merancang rencana liburan, kini saatnya untuk mengurangi sikap konsumtif tersebut. Menabung adalah langkah untuk mengekang pengeluaran agar terhindar dari sikap konsumtif.

Ketika terbersit keinginan untuk berbelanja, Anda akan diingatkan dengan rencana liburan akhir tahun. Hingga akhirnya mengurungkan niat untuk membelanjakan uang pada barang yang tidak diperlukan. Rencana liburan yang telah Anda susun juga akan membuat diri termotivasi untuk terus menabung.

Sikap Boros Terkikis secara Perlahan
Sadar atau tidak, menabung dapat membantu untuk lebih hemat. Anda juga akan lebih jeli untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

Jadi Anda tidak mudah terbuai dengan tawaran menggiurkan di pusat perbelanjaan. Alhasil sikap boros yang dulunya ada, kini akan terkikis secara perlahan.

Meningkatkan Kreativitas Diri
Mungkin Anda bertanya-tanya apa hubungan antara menabung dan kreativitas. Jika ditelaah lebih dalam, kreativitas tentu akan meningkat karena Anda akan terus berusaha mencari cara bagaimana agar bisa menabung dengan efektif.

Jadi otak akan terus berpikir dan berputar. Jika biasanya sering mengabaikan uang receh, kini Anda akan lebih menghargai uang tersebut. Memasukan uang receh ke celengan merupakan contoh kreativitas yang muncul. Untuk itu, teruslah menabung agar Anda semakin terlatih untuk terus kreatif dalam mengelola keuangan apalagi tujuannya untuk liburan.

Dapat Dijadikan sebagai Dana Darurat
Manusia tidak dapat menebak apa yang akan terjadi di masa mendatang. Ketidakpastian ini membuat Anda harus terus berjaga-jaga, terutama dalam hal finansial. Siapa sangka jika besok Anda dirawat di rumah sakit atau semacamnya?.

Selain menabung untuk liburan, secara otomatis Anda juga akan menabung untuk dana darurat. Jika sewaktu-waktu kejadian yang tidak diinginkan terjadi, bisa menyikapinya dengan tenang. Karena memang telah memiliki dana khusus untuk membiayai kejadian tak terduga tersebut.

Dapat Menghilangkan Stres
Setelah bekerja selama beberapa bulan tanpa henti, tentu pikiran akan terkuras. Jika dibiarkan terus-menerus, Anda dapat terkena stres. Agar hal ini tidak terjadi, tentu saja tubuh butuh liburan sebagai langkah untuk merelaksasikan diri. Jadi pikiran kembali tenang dan kembali bersemangat untuk bekerja.

Jika semua rencana liburan sudah terkonsep di pikiran, sekarang tibalah saatnya untuk menabung. Walaupun menabung itu sedikit sulit, namun kesulitan itu akan hilang ketika Anda membayangkan indahnya liburan.

Jika deadline di kantor menghantui, istirahatlah sejenak dan pikirkan suasana liburan nanti. Sehingga lebih bersemangat mengerjakan deadline tersebut.

Lebih Disiplin
Percaya atau tidak, menabung dapat membuat Anda lebih disiplin. Disiplin yang dimaksudkan tentu saja berkaitan dengan keuangan. Jika sudah terbiasa menabung, kebiasaan ini akan terbawa secara terus-menerus. Dengan demikian, Anda sudah berhasil mendisiplinkan diri untuk menabung. Apalagi jika jumlahnya sama setiap bulan.

Liburan Indah Sudah Menanti di Depan Mata
Dalam beberapa bulan ke depan, semua rencana untuk liburan akan segera tercapai. Tekunlah untuk terus menabung agar semua rencana tersebut dapat terwujud. Liburan juga akan lebih mengasyikan jika memiliki budget yang cukup. Semakin cepat Anda mulai menabung, semakin banyak pula jumlah yang akan terkumpul. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.