Jangan Ragu Datang ke Majelis Zikir Walaupun Banyak Dosa

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Ragu Datang ke Majelis Zikir Walaupun Banyak Dosa
ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak orang yang bilang bahwa apabila berkumpul dengan orang saleh maka ia akan ketularan saleh. Sebaliknya, jika bergabung bersama seseorang yang nakal maka juga akan ketularan nakal.

Dengan kata lain, orang yang duduk dengan orang saleh yang rajin berzikir akan termasuk dalam seluruh keutamaan yang Allah berikan. Sebab, hal itu merupakan bentuk pemuliaan kepadanya walaupun tidak sama dalam kualitas mengingat Allah.

Adapun yang dicintai oleh Allah adalah majelis ilmu, belajar Alquran, belajar sunah Nabi, dan mendalami agama. Yang dimaksud itu adalah bukan majelis zikir dengan tepuk tangan, atau nyanyian.

Dalam riwayat Muslim disebutkan, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah mempunyai para malaikat yang memiliki keutamaan, mereka selalu berjalan mencari majelis-majelis zikir. Maka apabila mereka menemukan suatu majelis yang berisi zikir di dalamnya, mereka lalu duduk bersama mereka, dan mereka saling membentangkan sayap-sayap mereka sehingga memenuhi langit dunia.

Apabila majelis itu bubar, mereka naik ke langit, lalu Allah bertanya kepada mereka, sedangkan Allah Maha Mengetahui, ‘Dari mana kalian?' Mereka menjawab, ‘Kami datang dari hamba-hamba-Mu di bumi. Mereka bertasbih, bertakbir, bertahlil, bertahmid, dan meminta kepada-Mu.' Allah berkata, ‘Apa yang mereka minta dari-Ku?' Mereka menjawab, ‘Mereka meminta surga-Mu.' Allah berkata, ‘Apakah mereka melihat surga-Ku?' Mereka menjawab, ‘Tidak, wahai Rabbku.' Allah berkata, ‘Maka bagaimana seandainya mereka melihat surga-Ku?'

Mereka berkata, ‘Mereka juga meminta perlindungan kepada-Mu.' Allah berkata, ‘Dari apa mereka meminta perlindungan kepada-Ku?' Mereka menjawab, ‘Dari neraka-Mu, wahai Rabbku.' Allah berkata, ‘Apakah mereka melihat neraka-Ku?' Mereka menjawab, ‘Tidak, wahai Rabbku.' Allah berkata, ‘Maka bagaimana seandainya mereka melihat neraka-Ku?'

Mereka berkata, ‘Mereka juga meminta ampunan kepada-Mu.' Allah berkata, ‘Aku telah mengampuni mereka. Aku beri kepada mereka apa yang mereka minta dan Aku beri mereka perlindungan dari apa yang mereka mintai perlindungan kepada-Ku''.

Rasulullah bersabda, ‘Kemudian para malaikat itu berkata, ‘Wahai Rabbku, di kalangan mereka ada seorang hamba yang banyak sekali kesalahannya. Ia hanya melewati saja lalu ikut duduk bersama mereka.' Lalu Allah pun berkata, ‘Aku pun mengampuninya, mereka adalah satu kaum yang tidak akan sengsara orang yang duduk bersama mereka'.

Hadis ini menunjukan bahwa betapapun yang Anda punya, jangan ragu untuk melangkahkan kaki dari berada dalam majelis ilmu. Karena hanya dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui majelis ilmu, Anda bisa berharap diampuni segala dosa yang telah lalu. Wallahu A'lam. (islampos.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.