Jangan Suka Tunda Pekerjaan, Ini Pesan Rasulullah!

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Suka Tunda Pekerjaan, Ini Pesan Rasulullah!
ilustrasi

PortalMadura.ComProcrastinator atau orang yang suka menunda pekerjaan biasanya kerap beranggapan bahwa ada hari esok untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut yang semestinya bisa dikerjakan pada hari itu juga. Padahal, tidak ada jaminan bagi seseorang untuk dapat bertemu dengan hari esok, dan mereka tidak menyadari hal tersebut.

Sebagaimana sabda Rasulullah: ”Gunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara lainnya; gunakanlah masa mudamu sebelum masa tuamu, masa hidupmu sebelum datang kematianmu, waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, waktu sehatmu sebelum waktu sakitmu, dan waktu kaya sebelum waktu miskinmu” (HR Hakim).

Hadis di atas mengandung pesan kepada umat Muslim supaya tidak suka menunda-nunda pekerjaan. Lakukanlah pekerjaan tersebut di hari itu juga selama ada waktu. Sebab, menunda pekerjaan merupakan awal dari timbulnya permasalahan. Apalagi, jika pekerjaan itu merupakan suatu kebaikan.

Dalam hadis lain, Rasulullah berpesan: ”Bersegeralah kamu sekalian melakukan amal-amal yang salih, karena akan terjadi suatu bencana yang menyerupai malam yang gelap gulita, di mana ada seseorang pada waktu pagi ia beriman tetapi pada waktu sore ia kafir, pada waktu sore ia beriman tetapi pada waktu pagi ia kafir; ia rela menukar agamanya dengan satu kesenangan dunia” (HR Muslim).

Selain itu, ternyata ada sejumlah alasan yang menyebabkan dilarangnya menunda pekerjaan. Pertama, Anda tidak dapat menjamin untuk hidup pada esok hari. Kedua, tidak ada jaminan esok Anda masih diberi nikmat kesehatan, memiliki waktu luang seperti hari ini. Ketiga, menunda pekerjaan yang baik menyebabkan seseorang terbiasa melakukannya, sehingga kemudian menjadi suatu kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan.

Baca Juga: 5 Pesan Rasulullah Jelang Ramadan di Hadapan Para Sahabat

Apalagi, waktu berjalan sesuai dengan sunatullah. Detik menjadi menit, menit menjadi jam, dan jam menjadi hari, begitu seterusnya. Siang dan malam pun datang silih berganti. Untuk itu, manfaatkan waktu yang tersisa sebaik mungkin.

Allah SWT berfirman: ”Dan Dialah yang menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yang ingin mengambil pelajaran atau orang yang ingin bersyukur” (QS 25:62). Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.