oleh

Jangan Ucapkan 5 Kalimat Ini Jika Ingin Terlihat Pede di Kantor

PortalMadura.Com – Cara berkomunikasi yang baik tentunya akan memberik kesan yang baik pula dimanapun berada, salah satunya di tempat kerja. Oleh karena itu, gunakan kata-kata yang tepat saat berbicara dengan teman kerja atau klien agar mereka percaya.

Salah menggunakan frasa atau kata-kata yang kurang tepat dapat membuat Anda berada di posisi yang tidak menguntungkan dan bisa jadi dianggap sebagai pribadi yang tidak profesional dalam bekerja. Oleh karena itu, agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda hindari beberapa kata berikut:

Tidak Mungkin atau Tidak Bisa
Kata seperti “ini tidak mungkin” atau “saya tidak bisa”, disebutkan dapat menyiratkan bahwa Anda memiliki sikap negatif dan tidak memiliki keterampilan untuk melaksanakan tanggung jawab pekerjaan. Ketika mengatakan ‘tidak bisa’ itu berarti Anda tidak dapat melakukan sesuatu tetapi mungkin bisa-bisa saja dilakukan oleh orang lain.

Jadi daripada menggunakan kata pasif seperti ‘tidak bisa’, lebih baik mengatakan bahwa Anda ‘tidak akan’ melakukan sesuatu dan kemudian memberikan alasan yang valid, kenapa tidak mau mengerjakan tugas tersebut. Saat mengatakan ‘tidak’, itu menunjukkan otoritas Anda dan menyampaikan pesan bahwa Anda memiliki keterampilan untuk melakukan pekerjaan tertentu dan telah memutuskan untuk tidak bertindak karena ada alasan tertentu. Ini menunjukkan bahwa diri Anda percaya diri.

Saya Tidak Yakin Tetapi Harus
Ini merupakan cara yang sangat keliru untuk mengemukakan ide. Ketika Anda mengatakan tidak yakin, bagaimana bisa Anda mengharapkan orang lain percaya kepada Anda dan ide yang dikemukakan? Kebiasaan memulai kalimat dengan ‘Saya tidak yakin’ dimulai saat diri takut terbukti salah dan menggunakan ini sebagai sebuah pelarian. Nyatanya, kata ini dapat dianggap oleh rekan-rekan kerja yang lain sebagai tanda kelemahan.

Apakah Itu Masuk Akal?
Ketika sedang memberikan presentasi atau menjelaskan sesuatu kepada seorang rekan, wajar jika berhenti di antara waktu dan bertanya apakah audiens dapat memahami apa yang Anda katakan. Salah satu cara paling mudah untuk melakukannya biasanya yaitu dengan bertanya, “Apakah itu masuk akal?” Atau “Apakah saya menjelaskan hal ini dengan benar?”. Namun tahukah, ketika Anda melakukan itu sebenarnya malah bisa menimbulkan keraguan dalam pikiran rekan-rekan yang lain dan membuat mereka mempertanyakan pengetahuan Anda.

Terlalu Sering Berkata Maaf
Coba deh ingat-ingat, apakah Anda mengatakan maaf lebih sering daripada yang diperlukan? Jika terlalu sering, kebiasaan berkata maaf lebih dari seharusnya ini dapat ditafsirkan sebagai kurangnya kepercayaan diri.

Bahasa Umpatan atau Slang
Menggunakan kata-kata gaul atau umpatan tidak hanya membuat diri terlihat tidak profesional tetapi juga merupakan tanda Anda punya perilaku buruk. Kata-kata ini seharusnya tidak hanya dihindari di tempat kerja tetapi dalam kehidupan pribadi juga. Itu tidak hanya membuat rekan kerja tidak nyaman tetapi menempatkan reputasi diri bisa dipertaruhkan. (okezone.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar