oleh

Jarang Diketahui, 3 Manfaat Salat Duha dalam Kehidupan Sehari-hari

PortalMadura.Com – Salat Duha adalah salat sunah yang dikerjakan oleh umat islam ketika waktu duha. Waktu duha merupakan waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu zuhur. Jumlah rakaat salat duha minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Dan dilakukan dalam satuan 2 rakaat sekali salam. Salat duha juga terkenal dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama dalam hal rezeki.

Dilansir dari laman Islami.Co, Rabu (30/9/2020), simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat salat duha.

Terdapat banyak dalil, baik dari Al Quran maupun hadis yang menegaskan manfaat salat duha. Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in menjelaskan sebagai berikut.

Artinya, “Salat duha disunahkan berdasarkan firman Allah SWT, ‘Bertasbih bersama dia di waktu petang dan pagi.’ Ibnu Abbas menafsirkan salat isyraq adalah salat duha. Bukhari-Muslim juga meriwayatkan hadis dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa ‘Rasulullah pernah berwasiat tiga hal kepadaku: puasa tiga hari dalam setiap bulan, salat duha dua rakaat, dan witir sebelum tidur.’”

Wasiat Rasulullah tersebut tidak hanya dikhususkan bagi Abu Hurairah saja, tetapi berlaku untuk seluruh umat islam karena di dalam hadis lain disebutkan salat duha memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat salat duha sebagai berikut.

Ampunan Dosa

Dalam hadis riwayat At-Tirmidzi dan Ibnu Majah dijelaskan bahwa orang yang membiasakan salat duha dosanya akan diampuni oleh Allah SWT, meskipun dosa tersebut sebanyak buih di lautan.

Rasulullah bersabda sebagai berikut, artinya, “Siapa yang membiasakan (menjaga) salat duha, dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,” (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Tidak Dianggap Orang Lalai

Setiap orang tentu tidak ingin dianggap sebagai orang lengah ataupun lalai dalam hal mencari rahmat Tuhan. Salah satu cara agar terhindar dari sifat lalai adalah mengerjakan salat duha.

Rasulullah bersabda sebagai berikut, artinya, “Orang yang mengerjakan salat duha tidak termasuk orang lalai,” (HR Al-Baihaqi dan An-Nasa’i).

Duha Sebagai Sedekah

Rasulullah bersabda sebagai berikut, artinya, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan salat duha dua raka’at,” (HR Muslim).

Selain tiga manfaat di atas, salat duha juga bisa menangkal stres yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari.

Komentar