oleh

Jelang Pemilu, Harga cabe di Jatim Alami Kenaikan

Surabaya – Menjelang pesta demokrasi Pemilu 2014,  Harga Cabe Rawit dan Cabe merah di Jawa Timur mengalami kenaikan. Melambungnya harga tersebut dipicu cuaca di sentra sayur mayur mengalami pancoraba dan menurunnya produktifitas petani.

Khusus untuk cabe rawit harganya mencapai Rp. 56 ribu /kg. Sementara untuk harga cabe merah keriting Rp 17.600/kg dan cabe merah besar biasa Rp 13.700/kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Timur Budi Setiawan  menegaskan, harga kebutuhan bahan pokok segar bumbu bumbuhan sampai April relative stabil bahkan beberapa komoditi turun. Kecuali khusus harga cabe rawit terus naik.

“Kenaikan tersebut pertama karena iklim atau cuaca yang saat ini di berbagai daerah sentra sayur-mayur masih mengalami panca roba dan beberapa daerah masih turun hujan,” ujar Budi, Kamis (03/04)

Menurutnya, kenaikan harga cabe dibeberapa pasar tradisional di Jatim juga disebabkan produkvitas produksi sayuran alami penurunan. Disisi lain kenaikan cabe rawit juga disebabkan, cabe Jatim dijual ke berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan dan Indonesia Timur,” paparnya

Selain dijual beberapa daerah di Indonesia, sebagian petani  tidak bercocok tanam sehingga produksi cabe di Jatim alami penurunan.

“ Kami akan terus memantau pergerakan harga sayur mayor dijatim agar tetap stabil,” singkat Budi.(htn) *sumber deliknews dot com


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.