Jika Jasad Tak Dikubur, Apakah Malaikat Munkar-Nakir Masih Bertanya?

Avatar of PortalMadura.com
Jasad
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Umur dan ajal seseorang tidak ada yang tahu kecuali Allah SWT. Semua umat muslim pastinya mau wafat dengan keadaan baik atau khusnul khotimah. Lalu bagaimana jika keadaan tidak dikubur karena kematian tak wajar? dimakan binatang buas atau hal yang lainnya. Apakah Malaikat Munkar dan Nakir masih bertanya ? Mari kita bahas.

Imam Nawawi menjelaskan bahwa hal seperti itu tidak akan menghalangi Malaikat Munkar-Nakir untuk menanyai pertanyaan-pertanyaan bagi setiap yang telah meninggal. Baik orang tersebut di kubur ataupun tidak. Penjelasan itu disebutkan dalam Syarah Shahih Muslim berikut ini

Menurut kelompok kami (Syafi'iyah); pertanyaan Malaikat Munkar-Nakir dan azab kubur tidak bisa tercegah meski; keadaan mayat telah terpisah-pisah bagian tubuhnya, atau dimakan binatang buas atau hiu laut atau semisalnya, karena sesungguhnya Allah akan menghidupkan mereka kembali, Dia yang Maha Suci Maha Mampu melakukan hal itu, begitu juga mengembalikan bagian tubuh atau beberapa bagian tubuh menjadi hidup sekalipun telah dimakan binatang buas atau hiu laut.

Adapun penyebutan bahwa manusia akan ditanya dalam kubur karena kubur adalah alam barzah pertama yang akan menjadi tempat persinggahan manusia sebelum datang kiamat. Jika amal mereka buruk maka kubur bagaikan jurang neraka, sedangkan bila amal mereka baik maka kubur layaknya taman-taman surga.

Nah itu jawabannya atau penjelasannya ya, Semoga bermanfaat, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.